Healthy / Lifestyle

8 Makanan Tersehat dan Terbaik untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

June 12, 2020

Tags: , , , ,

Setiap orang tua pasti ingin anaknya tetap sehat dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, terutama selama pandemi covid ini. Salah satu yang dapat Kita lakukan sebagai orang tua yaitu mengisi piring si Kecil dengan makanan yang dapat meningkatkan imunitasnya. Penelitian menunjukkan bahwa makanan yang tinggi protein, lemak baik (omega-3), vitamin A, C, E, D dan zinc dapat membantu meningkatkan kemampuan alami tubuh untuk melawan berbagai virus maupun bakteri yang menyerang si Kecil.

Berikut adalah 8 makanan yang dapat berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat waktu pemulihan si Kecil saat mereka sakit.

  • Berries

Strawberry, blueberry, blackberry, raspberry mengandung tinggi vitamin C dan antioksidan flavonoid yang dapat melindungi sel dari berbagai macam kerusakan akibat radikal bebas dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh si Kecil. Frozen berries organik Elgin memiliki nutrisi yang sama dengan buah berries sehingga bisa menjadi alternatif berries yang aman untuk si Kecil karena bebas dari pestisida, herbisida dan bahan-bahan kimia lainnya.

  • Sayuran

Sayuran warna warni dan berdaun seperti wortel, beetroot, labu, tomat, bayam, kale dan brokoli kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral yang dibutuhkan si Kecil untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Namun, ibu tidak perlu khawatir jika si Kecil tidak menyukai sayuran, superfood yang terbuat dari buah dan sayuran seperti pada superfood LYNQ bisa menjadi alternatif untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineralnya. Bentuk powdernya memudahkan ibu untuk mecampurkannya dalam berbagai macam makanan dan minuman yang disukai si Kecil.

  • Telur, Ayam dan Daging

Selain merupakan sumber protein, telur, unggas dan daging juga mengandung tinggi zinc yang sangat penting untuk membangun sistem kekebalan tubuh pada anak. Selain itu, di dalam kuning telur juga mengandung tinggi kolin, omega 3, vitamin dan mineral yang penting bagi perkembangan tubuh dan otak anak. Telur organik, ayam free range dan daging grass feed  tidak mengandung bahan-bahan sintetik atau bahan kimia yang berbahaya sehingga lebih aman untuk dikonsumsi si Kecil.

  • Ikan dan Minyak Ikan

Ikan salmon, kembung, herring, kakap, selar dan minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang berperan dalam meningkatkan fungsi sel-sel kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Namun, Ibu sebaiknya juga memperhatikan kandungan formalin, PCB dan bahan kimia lainnya yang terakumulasi di dalamnya. Ikan-ikan kecil, alami dan organik akan lebih aman untuk dikonsumsi si Kecil karena tidak terpapar dari bahan-bahan berbahaya tersebut.

  • Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung protein, zinc, omega-3, vitamin E dan antioksidan yang berperan penting dalam peningkatan sistem kekebalan tubuh. Ibu bisa memberikan walnut, flaxseed dan chia seed dalam bentuk granola sebagai cemilan sehat si Kecil atau dicampurkan ke berbagai makanannya.

Yoghurt mengandung probiotik atau bakteri baik yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit. Jika si kecil alergi susu, Ibu bisa memberikan coconut yoghurt yang terbuat dari produk nabati, bebas laktosa dan tanpa gula tambahan sebagai alternatif dairy yoghurt.

  • Jamur

Jamur mengandung vitamin B, zinc dan beta glucan yang berperan sebagai makanan pendukung daya tahan tubuh anak. Selain itu jamur juga memiliki efek antibakteri, antivirus dan antikanker.

  • Madu

Madu kaya akan antioksidan flavonoid dan polifenol yang dapat meningkatkan fungsi sel T dan B yang berperan dalam meningkatkan respon kekebalan tubuh si Kecil. Madu liar (raw honey) seperti madu uray lebih menyehatkan karena pembuatannya tidak melalui pasteurisasi dan filtrasi sehingga kandungan alaminya tetap terjaga dan lebih bernutrisi.

Makan makanan yang bervariasi dan bergizi seimbang merupakan kunci penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh si Kecil. Smoothies, jus sayur atau salad dapat menjadi alternatif menu seimbang si Kecil dengan menggabungkan makanan-makanan pendukung imun diatas. Keep your kids healthy during this pandemic!

References

Ali, H. I., Al-Shawi, S. G. & Habib, H. N., 2019. The Effect of Nutrition on Immune System Review Paper. Food Science and Quality Management , Volume 90, pp. 31-35.

Aslam, M. F., Majeed, S., Aslam, S. & Irfan, J., 2017. Vitamins: Key Role Players in Boosting Up Immune Response-A Mini. Vitam Miner, 6(1), pp. 1-8.

Cong, L., Mirosa, M., Blake, W. K. & Bremer, P., 2020. Immune-Boosting Functional Foods: A Potential Remedy for Chinese Consumers Living Under Polluted Air. Consumers Living Under Polluted Air , 6(1), pp. 12-27.

Diana, F., 2012. Omega-3. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2), pp. 113-117.

Govers, C., Kasikci, M. B., Sluis, A. & Jurriaan, 2017. Review of the health effects of berries and their. Nutrition Review, 0(0), pp. 1-18.

Guggenheim, A. G. W. K. M. &. Z. H. L., 2014. Immune Modulation From Five Major Mushrooms: Application to Integrative Oncology. Integrative Medicine, 13(1), p. 32–44.

Mora, J. R. I. M. &. v. A. U. H., 2008. Vitamin effects on the immune system: vitamins A and D take centre stage : Nature reviews. Immunology, 8(9), pp. 685-698.

National Heart Foundation of Austalia, 2012. Sources of Omega-3, New Zealand: Heart Foundation.

Samarghandian, S., Farkhondeh, T. & Samini, F., 2017. Honey and Health: A Review of Recent Clinical Research. Pharmacognosy Research, 9(2), pp. 121-127.

18 likes

Author

Defanda Tritya, S.Gz, RD )

Your email address will not be published.