Healthy / Lifestyle

Biji-bijian Terbaik untuk Sehat Alami

April 8, 2020

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Semakin banyak yang mulai mengenal makanan sehat & organik, sehingga semakin banyak yang mulai mempertimbangkan konsumsi biji-bijian.

Biji-bijian adalah sumber makanan super padat energi (Superfood) dengan kandungan utama Lemak Baik, Protein, Vitamin, Mineral, Serat dan Variasi Fitonutrient yang komplit.

Inilah 5 Biji-bijian Terbaik yang bisa kamu konsumsi

  • Flax seed (Biji Rami)

memiliki profil omega 3 dan omega 6 yang seimbang dengan kandungan Lignin sebagai anti-kanker, dan ALA, DHA sebagai antioksidan

  • Chia seed (Biji Chia)

memiliki nutrisi komplit dengan dominasi kandungan omega 3, fiber, kalsium, antioksidan (asam klorogenik, quercetin) yang  membantu pencernaan, mengontrol diabetes mellitus, membantu sebagai laksatif, anti-cemas, dan meningkatkan kesehatan mata, imun dan tulang.  

  • Pumpkin seed (Biji Labu)

Sumber terbaik untuk fitosterol, omega 3 dan Zinc yang membantu untuk meningkatkan imunitas dan dari penelitian terakhir dia membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan prostat

  • Sesame seed (Biji Wijen)

memiliki asam amino komplit, ratio omega 3 dan omega 6 yang baik, sumber mineral ( Magnesium dan Mangan ), kandungan antioksidan (ORAC) dan lignin sebagai anti radang terutama peradangan kulit dan sendi.

  • Sunflower seed (Biji Bunga Matahari)

kandungan omega 3,vit. E,  folat & Mineral (Zinc,Selenium,Besi) yang membantu mengurangi proses peradangan dalam sel,  membantu kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kandungan antioksidannya sebagai antioksidan alami (enzim katalase, glutation) membantu memperbaiki kerusakan sel dan mengurangi risiko penyakit kronik.

Kamu bisa mencampurkannya dalam bentuk crackers, camilan snack bar, dan dalam bentuk Salad atau Smoothies. Nah, ketika kamu sudah rutin memakan biji-bijian,  tubuh kamu akan memiliki energi yang lebih baik dengan sistem pembuluh darah yang optimal, pembentukan sel imun kamu maksimal, gula darah kamu akan semakin stabil, saraf dan otak terkoordinasi lebih baik, Kulit, kuku dan rambut kamu pasti semakin kuat & sehat.

Perbanyak Konsumisi Makan Lemak Sehat dan terus #KuatinBadannya


1. De Silva, S Franklyn, and Jane Alcorn. “Flaxseed Lignans as Important Dietary Polyphenols for Cancer Prevention and Treatment: Chemistry, Pharmacokinetics, and Molecular Targets.” Pharmaceuticals (Basel, Switzerland), MDPI, 5 May 2019, www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6630319/.

2. Guo, Shuangshuang, et al. “A Review of Phytochemistry, Metabolite Changes, and Medicinal Uses of the Common Sunflower Seed and Sprouts (Helianthus Annuus L.).” Chemistry Central Journal, Springer International Publishing, 29 Sept. 2017, www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5622016/


3. Ullah, Rahman, et al. “Nutritional and Therapeutic Perspectives of Chia (Salvia Hispanica L.): a Review.” Journal of Food Science and Technology, Springer India, Apr. 2016, www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4926888/.

4. Vahlensieck, Winfried, et al. “Effects of Pumpkin Seed in Men with Lower Urinary Tract Symptoms Due to Benign Prostatic Hyperplasia in the One-Year, Randomized, Placebo-Controlled GRANU Study.” Urologia Internationalis, U.S. National Library of Medicine, 2015, www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25196580.


5. Zhou, Lin, et al. “Phytochemical Contents and Antioxidant and Antiproliferative Activities of Selected Black and White Sesame Seeds.” BioMed Research International, Hindawi Publishing Corporation, 2016, www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5002301/.

2 likes

Author

dr. Arihta Johana Wulandari Ginting

Your email address will not be published.