Healthy / Lifestyle

Cara Makan Lemak (Healthy Fats ) untuk Badan Sehat Alami

April 7, 2020

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Banyak orang takut kolesterolnya naik dan langsung anti sama minyak. Padahal tubuh kita setiap hari membutuhkan produksi 3000 mg cholesterol untuk mempertahankan fungsi hampir semua organ, terutama otak dan kulit kita.

Tidak semua lemak memiliki komposisi yang sama, mengkonsumsi makanan dengan lemak sehat dapat memberikan banyak manfaat. Kita dapat memilih untuk mengkonsumsi lemak sehat untuk tubuh kita, terutama lemak yang memiliki kandungan antioksidan tinggi, anti inflamasi dan antibakteri seperti ALA, omega3, dan fitonutrien lainnya

Cara mudah untuk mengkonsumsinya adalah

  • 1-2 sdt minyak sehat diminum langung setiap hari

Minyak sehat yang direkomendasikan adalah minyak zaitun, minyak kelapa, minyak ikan (fish oil), minyak biji chia, atau minyak alpukat.

Kamu bisa mencampurkan minyak ini ke dalam kopi/teh/es krim non dairy kamu, sehingga nutrisinya menjaga kamu bisa kenyang lebih lama. Dari data penelitian, konsumsi rutin minyak sehat ini dapat menurunkan kadar LDL & Trigliserida dalam tubuh dan menigkatkan kadar HDL.

  • Membuat Camilan Nuts & Seed Bar

Kacang-kacangan adalah nutrisi padat berenergi dengan kandungan asam amino, vitamin E, dan asam lemak yang tidak tersaturasi. Pada studi jangka panjang dari British Journal of Nutrition, memakan 1 ons dari kacang-kacangan diasosiakan dengan risiko diabetes dan stroke 50% lebih rendah.

  • Campurkan Salad dengan Healthy Oils sebagai Dressing

Setiap minyak sehat memiliki kandungan omega 3, omega 6, omega 9, vitamin, dan fitonutrient sebagai anti radang ataupun antibakteri. Ketika dimakan bersamaan, healthy oils ini membantu penyerapan vitamin larut lemak dan fitonutrient dari sayuran.

  • Membuat Smoothies Alpukat yang dicampurkan dengan Dark chocolate & kacang-kacangan

Kandungan lemak sehat pada alpukat membantu proses penyerapan Vitamin A, D, E, dan K serta membantu menurunkan proses peradangan. Dari penelitian, minyak alpukat membantu menurunkan kadar dari trigliserida dan LDL, dan mempertahankan nilai HDL. Dark chocolate mengandung asam lemak stearat yang bersifat nonatherogenic dengan kandungan mineral, antioksidan dan serat yang baik untuk pencernaan.

  • Meningkatkan konsumsi  Telur & Ikan dari Perairan Laut Dangkal

Semakin banyak peneliti yang membuktikan bahwa kolesterol yang kamu makan tidak berasosiasi dengan kolesterol LDL yang menyumbat pembuluh darah, sehingga konsumsi telur dengan kandungan kolesterol dapat membantu meningkatkan  omega 3 yang membantu melawan peradangan dan sintesis hormone di dalam tubuh. Ikan telah lama dikenal sebagai makanan untuk otak yang 80% terbuat dari lemak dengan kandungan EPA dan DHA yang tinggi untuk memberikan nutrisi sel saraf. Untuk menghindari merkuri(logam berat), pilihlah ikan dari perairan laut dangkal (sardines, anchovies, herring, salmon, mackerel)

  • Membuat Healthy Snack dengan cacao butter/coconut butter

Cacao dan coconut butter merupakan sumber lemak sehat yang diperkaya dengan kadar antioksidan dan mineral yang baik untuk tubuh. Mereka membantu menurunkan reaksi oksidasi, meningkatkan fungsi sistem imun, menurunkan kadar trigleserida dan VLDL

Dengan rajin menambahkan healthy fats ke dalam makanan kamu, secara keseluruhan sel-sel dalam tubuh kamu ternutrisi dengan baik, fungsi otak maksimal, digestive kamu semakin sehat, proses detoksifikasi akan semakin optimal, berat badan lebih proporsional & kamu kenyang lebih lama.

Tingkatkan konsumsi healthy fat kamu dan terus kuatinbadannya


1. DiNicolantonio, James J, and James H O’Keefe. “Good Fats versus Bad Fats: A Comparison of Fatty Acids in the Promotion of Insulin Resistance, Inflammation, and Obesity.” Missouri Medicine, Journal of the Missouri State Medical Association, 2017, www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6140086/.


2. Forouhi, Nita G, et al. “Dietary Fat and Cardiometabolic Health: Evidence, Controversies, and Consensus for Guidance.” BMJ (Clinical Research Ed.), BMJ Publishing Group Ltd., 13 June 2018, www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6053258/.


3. Khaw, Kay-Tee, et al. “Randomised Trial of Coconut Oil, Olive Oil or Butter on Blood Lipids and Other Cardiovascular Risk Factors in Healthy Men and Women.” BMJ Open, BMJ Publishing Group, 6 Mar. 2018, www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5855206/.


4. Kuang, Heqian, et al. “The Impact of Egg Nutrient Composition and Its Consumption on Cholesterol Homeostasis.” Cholesterol, Hindawi, 23 Aug. 2018, www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6126094


5. Vogel, Robert A. “The Mediterranean Diet and Endothelial Function: Why Some Dietary Fats May Be Healthy.” Cleveland Clinic Journal of Medicine, Cleveland Clinic Journal of Medicine, 1 Apr. 2000, www.ccjm.org/content/67/4/232


6. Yıldırım, Ebru, et al. “Effect of Cocoa Butter and Sunflower Oil Supplementation on Performance, Immunoglobulin, and Antioxidant Vitamin Status of Rats.” BioMed Research International, Hindawi Publishing Corporation, 2014, www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4124780/

2 likes

Author

dr. Arihta Johana Wulandari Ginting

Your email address will not be published.