Lifestyle / Organic Life

Coconut Aminos, Pengganti Kecap yang Lebih Sehat

September 9, 2020

Tags: , , , , , , ,

Kecap adalah saus yang terbuat dari fermentasi kedelai dan gandum dan sangat populer dalam berbagai macam masakan terutama pada masakan Cina dan Jepang. Namun, dalam beberapa diet tertentu seperti diet hipertensi, diet gluten intolerance dan diet autoimun atau penyakit celiac, penggunaan kecap dianjurkan untuk dibatasi atau dihindari karena mengandung natrium (garam) yang tinggi dan allergen seperti gluten dan kedelai. Oleh karena itu, coconut aminos mulai dikenal dan banyak digunakan sebagai pengganti kecap terutama dalam kondisi-kondisi tersebut.

Apa itu Coconut Aminos dan Apa Manfaatnya?

                Coconut Aminos merupakan saus bumbu gurih yang terbuat dari fermentasi nira kelapa dan garam laut (sea salt) dan memiliki rasa yang manis serta konsistensi yang mirip dengan kecap. Kandungannya yang bebas dari kedelai, gandum dan gluten ini menjadikan coconut aminos sebagai pengganti kecap yang lebih sehat bagi mereka yang alergi gluten dan soy. Selain itu, kandungan natrium dalam coconut aminos 65-70% lebih kecil dibandingkan dengan kecap tradisional sehingga mengganti kecap tradisional dengan coconut aminos dapat membantu mengurangi jumlah asupan natrium yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan hipertensi. Beberapa nutrisi lainnya yang terkandung dalam coconut aminos yaitu kalium, zinc, magnesium, 17 asam amino dan senyawa antioksidan. Selain itu, coconut aminos juga memiliki kalori yang rendah yaitu hanya sekitar 5 kalori per satu sendok teh nya.

Bagaimana memilih Coconut Aminos yang Sehat dan Aman?

Dalam memilih coconut aminos yang aman dan sehat, pastikan bahan dasar coconut aminos Kamu terbuat dari kelapa organik seperti pada Organic Coconut Aminos SESA yang terbuat dari fermentasi nira kelapa organik dan garam laut. Kamu bisa menggunakannya untuk berbagai macam masakan mulai marinade, sauce, seasoning dan dressing.

References

Cappuccio, F., 2013. Cardiovascular and other effects of salt consumption. International Society of Nephrology, Volume 3, pp. 312-315.

Frisoli, T., Schmieder, R., Grodzicki, T. & Messeli, F., 2012. Salt and Hypertension: Is Salt Dietary Reduction Worth the Effort?. The American Journal if Medicine, 125(5), pp. 433-439.

M.I. Torres, T. P. P. L., 2015. Celiac Disease and Other Autoimmune Disorders. In: Autoimmunity – Pathogenesis, Clinical Aspects and Therapy of Specific Autoimmune Diseases. Spain: Intech, pp. 121-144.

Ouka-Kchaou, A. et al., 2008. Aut oimmune Diseases in Coeliac Disease: Effect of Gluten Exposure. Therapeutic Advances in Gastroenterology, 1(3), pp. 169-172.

USDA, 2020. Food Data Central, United States: US Department of Agriculture.

7 likes

Author

Defanda Tritya, S.Gz, RD )

Your email address will not be published.