Healthy / Lifestyle

Daftar Barang yang Wajib Dibawa Saat New Normal

June 25, 2020

Tags: , , , , , , , , , , ,

Menghadapi masa new normal, banyak kebiasaan baru yang harus Kita terapkan agar tetap bisa produktif dan aktif di luar rumah dengan aman. Kebiasaan baru ini dibuat mengingat sistem imun yang dimiliki setiap orang berbeda-beda. Sistem imun yang lemah membuat tubuh tidak mampu untuk melawan bakteri, virus atau racun yang masuk kedalam tubuh. Sebaliknnya, dengan sistem imun yang kuat, tubuh mampu mendeteksi bakteri atau virus yang berpotensi membahayakan tubuh, membatasi penyebarannya dan segera menghancurkannya. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk selalu mengikuti protokol kesehatan dan menyiapkan beberapa barang pribadi yang selalu siap dibawa sebagai upaya pencegahan penularan dan penyebaran Coronavirus.

Berikut adalah daftar barang yang wajib dibawa saat beraktivitas di luar rumah saat era New Normal.

  1. Masker

Penggunaan masker telah digunakan sebagai salah satu bentuk pencegahan penularan dari penyakit Coronavirus. Hal ini karena dengan menggunakan masker dapat meminimalkan terpaparnya penyebaran melalui droplet pernapasan yang keluar dari individu yang terinfeksi maupun yang mungkin terinfeksi ketika mereka berbicara, batuk atau bersin. Masker dengan kualitas terbaik adalah jenis FFP3, N95 atau FFP2. Namun, masker jenis ini hanya diperuntukan di lingkungan rumah sakit atau industri sehingga untuk penggunaan publik kita sebaiknya cukup selalu menggunakan dan sedia cadangan masker kain ataupun masker sekali pakai.

  1. Sabun All in One

Berdasarkan penelitian, sabun antibakteri dan sabun biasa sama-sama efektif dalam menghilangkan bakteri dan virus dari tangan. Hal ini karena virus merupakan partikel nano rakitan yang terbentuk dari lemak dan lapisan lemak dan ketika mencuci tangan, sabun akan melarutkan membran lemak ini sehingga virus yang menempel akan rusak dan tidak mampu menginfeksi lagi. Dr.Bronner liquid soap menyediakan sabun cair organik all purpose yang aman digunakan untuk tangan, wajah, badan, rambut dan penggunaan lainnya dengan ukuran 59 ml sehingga sangat mudah dibawa kemana pun. Sabun ini terbuat dari berbagai macam minyak essensial dan telah disertifikasi USDA organic, vegan, ECO friendly dan Non-GMO verified serta tidak mengandung bahan-bahan berbahaya seperti paraben, SLS, sintetik fragrance dan pengawet yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

  1. Hand Sanitizer

Hand sanitizer sangat berguna dalam menjaga kebersihan tangan bila tidak terdapat wastafel dan sabun. Hal ini karena kandungan alkohol di dalam hand sanitizer efektif membunuh kuman bila konsentrasinya sekitar 60-95%. Namun, beberapa penelitian mengatakan bahwa alkohol dapat memberikan efek kering pada kulit yang menyebabkan kulit menjadi lebih rentan terhadap penuaan. Hand sanitizer Dr.Bronner terbuat dari organik fair trade etil alkohol (62%) dan air yang aman untuk anak-anak, organik gliserin yang bermanfaat untuk menetralkan efek pengeringan dari etil alkohol dan organik lavender oil serta organik peppermint oil yang dapat membantu memberikan sensasi yang menenangkan.  Dengan hand sanitizer Dr.Bronner, sanitasi tangan Kamu, usap di permukaan apa saja (terutama gadget Kamu) dan semprotkan di udara untuk aromaterapi tambahan!

  1. Tisu Basah

Tisu basah dapat digunakan bila tidak ada hand sanitizer. Dalam memilih tisu basah sangat penting untuk memastikan bahwa tisu basah yang Kita gunakan aman untuk tubuh terutama untuk bayi dan anak-anak. Wipes Bamboo Naturemenyediakan tisu basah yang bebas dari bahan-bahan berbahaya seperti parfum, paraben dan phenoxyethanol, mengandung glycerin yang dapat melembabkan kulit dan sangat aman untuk membersihkan tangan bayi hingga dewasa karena telah melalui uji dermatologist.

  1. Alat makan pribadi

Menggunakan dan membawa alat makan pribadi akan lebih aman karena Kita tidak pernah tahu proses pencucian yang dilakukan pada alat makan yang tersedia dan riwayat pengguna dari alat makan tersebut. Oleh karena itu, menggunakan alat makan pribadi merupakan salah satu cara pencegahan dari penyebaran coronavirus.

  1. Botol pribadi

Selalu sediakan air putih dalam botol pribadi kemanpun Kita pergi agar tubuh selalu terhidrasi dengan baik. Kita dianjurkan untuk minum air putih yang cukup yaitu 1,2-1,5 liter sehari selama masa pandemik ini untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu membawa botol pribadi untuk mengurangi risiko tertularnya coronavirus, paparan BPA yang berasal dari botol plastik dan menumpuknya sampah plastik. Klean kanteen menyediakan botol minum dan tumbler yang terbuat dari material stainless steel kualitas terbaik, 4x lebih tahan lama (dapat menyimpan minuman panas selama 30 jam dan minuman dingin selama 100 jam), bebas BPA, dan diformulasikan untuk kesehatan manusia dan lingkungan.

  1. Suplemen Vitamin Pendukung Imun

Makan-makanan bergizi dan konsumsi sayur serta buah-buahan dapat memberikan Kita vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, mengonsumsi makan-makanan tinggi vitamin C dan D telah dibuktikan dapat memberikan efek positif dalam mengurangi tingkat risiko, kematian dan keparahan penyakit COVID-19. Oleh karena itu, Kita dapat membawa suplemen vitamin pendukung imunseperti vitamin C dan D3 untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin harian selama beraktivitas penuh di luar rumah.

  1. Helm Pribadi dan Face Shield

Untuk kamu yang menggunakan transportasi umum untuk bepergian, dianjurkan untuk menggunakan dan membawa helm pribadi dan face shield untuk meningkatkan proteksi diri dari penularan virus ini.

Dalam melindungi diri dari coronavirus, Kita juga dianjurkan untuk melakukan langkah-langkah pencegahan lainnya seperti selalu mencuci tangan minimal 20 detik, mengonsumsi makan makanan bergizi, hindari merokok, rajin berolahraga dan tidur cukup (selama 6-8 jam dengan konsisten) sehingga imunitas tetap terjaga dan tubuh bisa tetap aktif dan produktif dengan aman di era New Normal ini. Stay safe!

References

European Centre for Disease Prevention and Contro, 2020. Using face masks in the community. Stockholm: ECDC, pp. 1-6.

FAO, 2020. Maintaining a healthy diet during the COVID-19 pandemic. 27 March.

Grant, W. et al., 2020. Evidence that Vitamin D Supplementation Could Reduce Risk of Influenza and COVID-19 Infections and Deaths. Nutrients, 12(988), pp. 1-19.

Jing, J. L. et al., 2020. Hand Sanitizers: A Review on Formulation Aspects,. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(3326), pp. 1-17.

Tufan, A., Guler, A. & Cerinic, M., 2020. COVID-19, immune system response, hyperinflammation and repurposing antirheumatic drugs. Turkish Journal of Medical Sciences, Volume 50, pp. 1-13.

15 likes

Author

Defanda Tritya, S.Gz, RD )

Your email address will not be published.