Healthy

Healthy Fats selama Masa Puasa

May 13, 2020

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Konsumsi gorengan, keripik-keripik, crackers, dan kue mentega adalah jajanan favorit hampir semua kalangan masyarakat karena mengenyangkan tubuh namun cenderung meningkatkan kandungan lemak trans yang dapat meningkatkan inflamasi tubuh, meningkatkan masalah pada pembuluh darah, dan meningkatkan insulin sehingga tubuh lebih cepat lapar.

Kamu bisa mengganti sumber lemak yang kamu konsumsi dengan sumber lemak lain yang tetap kaya nutrisi, rasa yang enak, kenyang lebih lama dan meningkatkan cadangan energi jangka panjang.

  • Minyak Kelapa (Coconut Oil)

Memiliki kandungan MCT (lemak rantai medium) yang membantu membentuk energi lebih cepat, meningkatkan memori dan sistem imun.

  • Butter dan Ghee

Pilih sumber butter grass-fed. Ini membantu meningkatkan produksi kolagen dan tinggi vitamin larut dalam lemak.

  • Minyak Zaitun

Memiliki serat tinggi disertai fitonutrien yang membantu meningkatkan kesehatan tulang, kaya mineral seperti besi, tembaga dan mengandung vitamin E

  • Alpukat

Memiliki kandungan lemak sehat, folat, vitamin E dan tinggi kalium untuk meningkatkan fungsi sel dan membantu mengenyangkan tubuh.

  • Kuning Telur Organik

Telur adalah salah satu ‘Healthies food in the Earth’ dengan kandunga asam amino yang lengkap dan tiinggi Vitamin A, Vitamin D, Vitamin E dan Vitamin K yang  membantu meningkatkan energi tubuh

  • Kacang-kacangan

Sumber baik untuk omega 3, tinggi serat dan protein untuk meningkatkan kesehatan  pencernaan dan membantu menyeimbangkan hormon

  • Minyak dari Ikan

Mengandung Omega 3 yang membantu mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh.

Tambahkan sumber lemak sehat yang bermanfaat ini pada saat kamu berbuka puasa dan kombinasikan dengan sumber nutrisi seimbang lainnya, sehingga tubuh kamu memiliki cadangan energi yang lebih baik, tidak mudah craving, fungsi otak dan memori lebih optimal dan menurunkan risiko penyakit inflamasi kronik.

Sumber :

DiNicolantonio, James J, and James H O’Keefe. “Good Fats versus Bad Fats: A Comparison of Fatty Acids in the Promotion of Insulin Resistance, Inflammation, and Obesity.” Missouri Medicine, Journal of the Missouri State Medical Association, 2017, www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6140086/

Khaw, Kay-Tee, et al. “Randomised Trial of Coconut Oil, Olive Oil or Butter on Blood Lipids and Other Cardiovascular Risk Factors in Healthy Men and Women.” BMJ Open, BMJ Publishing Group, 6 Mar. 2018, www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5855206/.

Kuang, Heqian, et al. “The Impact of Egg Nutrient Composition and Its Consumption on Cholesterol Homeostasis.” Cholesterol, Hindawi, 23 Aug. 2018, www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6126094

MInguez-Alarcón, Lidia, et al. “Fatty Acid Intake in Relation to Reproductive Hormones and Testicular Volume among Young Healthy Men.” Asian Journal of Andrology, Medknow Publications & Media Pvt Ltd, 2017, www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5312216/

St-Onge, Marie-Pierre, et al. “Medium Chain Triglyceride Oil Consumption as Part of a Weight Loss Diet Does Not Lead to an Adverse Metabolic Profile When Compared to Olive Oil.” Journal of the American College of Nutrition, U.S. National Library of Medicine, Oct. 2008, www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2874191/.

2 likes

Author

dr. Arihta Johana Wulandari Ginting

Your email address will not be published.