Lifestyle / Organic Life

Hidup Sehat dengan Rutin Minum Jus Sayur

July 7, 2020

Tags: , , , , ,

Hidup sehat bisa dimulai dari hal yang sederhana seperti rutin mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya nutrisi. Salah satu makanan yang kaya nutrisi dan memiliki segudang manfaat kesehatan adalah sayuran. Kita dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran paling tidak sebanyak 5 porsi sehari untuk mencukupi kebutuhan vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang diperlukan tubuh. Namun pada kenyataannya, >90% masyarakat Indonesia masih kurang mengonsumsi sayuran dan hanya memenuhi sekitar 70% dari konsumsi sayuran yang dianjurkan. Salah satu faktor dari rendahnya konsumsi sayuran ini adalah masih banyaknya masyarakat yang malas untuk mengonsumsi sayuran dalam jumlah yang dianjurkan. Oleh karena itu, menambahkan sayuran dalam bentuk jus ke dalam makanan sehari-hari, merupakan cara terbaik dan termudah untuk membantu meningkatkan konsumsi sayuran harian yang akan memberikan berbagai macam manfaat, seperti:

  1. Memberikan nutrisi tinggi yang lebih mudah diserap

Minum jus sayuran akan lebih menyehatkan bila dibandingkan dengan hanya makan sayuran utuh. Hal ini karena nutrisi dalam sayuran akan diserap lebih baik ketika sayuran dikonsumsi dalam bentuk jus. Kreasikan dengan sayuran berwarna-warni, setiap warna sayur memiliki kandungan antioksidan dan manfaat kesehatan yang beragam.

  1. Menjaga kulit terhidrasi dengan baik

Cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah dengan mengonsumsi jus sayuran di pagi hari bersama dengan sarapan dan di malam hari sebelum makan.

  1. Menurunkan craving   

Jus sayuran dapat menghilangkan craving. Hal ini karena jus sayuran mengandung tinggi kalium, serat dan karbohidrat kompleks yang dapat memuaskan lapar dan membantu menghilangkan keinginan untuk mengonsumsi makanan tinggi gula.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Jus sayuran yang terbuat dari jenis sayuran yang berwarna warni seperti tomat, ubi jalar dan wortel sangat bermanfaat bagi kulit karena mengandung antioksidan kuat dan vitamin C yang dapat memberikan kulit yang lebih sehat dan bercahaya, membantu mencegah jerawat dan merawat kulit yang berjerawat.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Rutin mengonsumsi jus sayur merupakan salah satu cara potensial untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular, terutama jus sayur yang terbuat dari berbagai jenis sayur-sayuran sehingga mengandung beragam polifenol, vitamin dan mineral.

                Menyiapkan jus sayuran untuk dikonsumsi setiap hari sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mencucinya, kemudian memotongnya menjadi bagian yang lebih kecil. Namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat jus sayur, diantaranya yaitu.

  1. Pemilihan bahan

Menggunakan bahan-bahan segar yang alami dan organik dalam membuat jus sayur akan menghasilkan jus sayur yang lebih aman untuk dikonsumsi setiap hari. Hal ini karena sayuran organik tumbuh tanpa menggunakan pestisida atau bahan kimia lainnya sehingga Kamu dapat terhindar dari paparan kimia yang dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan.

  1. Komposisi bahan

Dalam membuat jus sayur, Kamu bisa memadukannya dengan berbagai macam buah segar untuk mendapatkan rasa yang lebih enak. Namun, sebaiknya jumlah buah yang digunakan hanya sekitar 10-30% dari komposisi jus sayur. Hal ini karena mengkonsumsi buah akan lebih bermanfaat jika dikonsumsi dalam bentuk utuh untuk mendapatkan vitamin, mineral dan serat yang lebih optimal.

  1. Juicer yang digunakan

Slow juicer akan memberikan hasil jus sayur yang lebih baik karena dapat meminimalkan oksidasi dan mengekstrak nutrisi lebih banyak. Kuving adalah salah satu brand premium dari slow juicer yang dapat mengekstrak sayur secara perlahan agar nutrisi dan enzim alami yang terdapat dalam sayuran tetap terjaga dan membuat jus yang dihasilkan lebih nikmat, mudah, cepat dan bernutrisi.

Yuk mulai menjalankan hidup sehat dengan rutin minum jus sayur setiap hari! Dengan kuving slow juicer, mendapatkan nutrisi dari berbagai jenis sayuran setiap hari menjadi lebih mudah dan praktis.

References

Dhandevi, 2015. Fruit and Vegetable Intake: Benefits and Progress of Nutrition Education Interventions- Narrative Review Article. Iran J Public Health, 44(10), pp. 1309-1321.

Henning, S. M. Y. J. S. P. L. R. P. H. J. L. A. H. M. L. Q. Y. T. G. H. D. &. L. Z., 2017. Health benefit of vegetable/fruit juice-based diet: Role of microbiome. Science reports, 7(2167).

Hermina & Prihatini, 2016. Gambaran Konsumsi Sayur dan Buah Penduduk Indonesia dalam Konteks Gizi Seimbang: Analisis Lanjut Survei Konsumsi Makanan Individu (SKMI) 2014. Buletin Penelitian Kesehatan, 44(3), pp. 205 – 218.

IFU Scientific Review, 2017. Fruit Juice – Nutrition and Health, Paris: International Fruit and Vegetable Juice Association..

Spirt, Sies, Tronnier & Heinrich, 2011. An Encapsulated Fruit and Vegetable Juice Concentrate Increases Skin Microcirculation in Healthy Women. Skin Pharmacol Physiol, Volume 25, pp. 2-8.

Zheng, J. et al., 2017. Effects and Mechanisms of Fruit and Vegetable Juices on Cardiovascular Diseases. Internationa Journal of Molecular Sciences, 18(555), pp. 1-15.

11 likes

Author

Defanda Tritya, S.Gz, RD )

Your email address will not be published.