Healthy / Lifestyle / Organic Life

Jenis Minyak yang Sehat dan Cara Penggunaannya

June 17, 2020

Tags: , , , , , , , , , ,

Saat ini, banyak sekali jenis minyak yang terdapat di pasaran. Namun, setiap jenis minyak memiliki kandungan nutrisi tertentu yang dapat mempengaruhi kesehatan. Dalam memilih minyak yang tepat, perlu memperhatikan titik asap dari setiap jenis minyak. Hal ini karena pada saat minyak mencapai titik asapnya, asam lemak dan nutrisi pada minyak mulai terpecah yang dapat memberikan efek negatif pada kesehatan tubuh. Dengan menggunakan minyak yang sesuai dengan titik asapnya maka nutrisi dalam minyak akan tetap terjaga dan manfaat kesehatannya bisa Kita dapatkan.

Berikut adalah beberapa jenis minyak yang baik untuk kesehatan berdasarkan titik asapnya.

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah produk dari buah kelapa yang terdiri dari 92% lemak jenuh dan merupakan minyak paling stabil saat digunakan untuk menggoreng atau memasak dengan suhu tinggi. Hal ini karena semakin tinggi tingkat kejenuhan lemak dalam minyak, maka titik asap nya juga semakin tinggi sehingga lebih tahan terhadap oksidasi. Namun, walaupun dapat dijadikan alternatif untuk menggoreng, metode deep frying dan penggunaan minyak berulang tetap tidak dianjurkan karena dapat memicu inflamasi.

Minyak kelapa memiliki manfaat bagi kesehatan karena kandungan asam lemak rantai sedang (MCT) nya bermanfaat untuk menyediakan energi dalam waktu yang cepat, sebagai sumber lemak sehat, membantu meningkatkan pembakaran lemak tubuh serta mengandung asam laurat yang baik untuk kesehatan jantung, antibakteri dan antivirus.

Dalam memilih minyak kelapa yang aman, disarankan memilih minyak kelapa yang sudah bersertifikat organik atau berlabel pure ingredient. Hal ini dilakukan untuk memastikan dalam pembuatan minyak kelapa tersebut tidak melalui proses pemurnian sehingga nutrisinya lebih terjaga dan bebas dari pestisida atau bahan-bahan kimia lainya.

  • Virgin Coconut Oil (VCO)

Virgin coconut oil (VCO) adalah hasil ekstraksi dari minyak kelapa yang kaya akan asam laurat, vitamin E dan antioksidan serta memiliki titik asap yang rendah sehingga sangat cocok digunakan sebagai dressing pada salad, smoothies dan berbagai hidangan lainnya atau dapat juga diminum langsung untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatan seperti mendukung sistem kekebalan tubuh, mencegah beberapa risiko penyakit seperti penyakit jantung, kanker dan tulang, sebagai sumber energi dan lemak sehat serta memberikan efek antidiabetes, antioksidan dan anti-inflamasi.

Untuk mendapatkan VCO yang aman dan lebih bernutrisi, pastikan VCO yang kamu pilih merupakan unrefined oil dan tidak melalui proses pemanasan. Hal ini karena proses refining (pemurnian) dan pemanasan dapat menghilangkan beberapa nutrisi alami dalam minyak seperti asam amino esensial, tokoferol (vitamin E) dan senyawa penting lainya. Virgin Coconut Oil La Tourangelle menyediakan VCO yang tidak melalui proses pemanasan dan pemurnian dan telah bersertifikat 100% organik, bebas sodium, bebas BPA, non-GMO dan bebas gluten sehingga bisa menjadi pilihan VCO yang lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi setiap hari.

  • Minyak Biji Wijen

Minyak wijen merupakan minyak yang diekstrak dari biji wijen dan dikenal sebagai minyak yang berkualitas karena stabilitas nutrisinya yang sangat tinggi. Minyak wijen kaya akan lemak tidak jenuh (85%), tokoferol (vitamin E), antioksidan, sesamin dan sesamolin yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan seperti antikanker, antihipersensitif, penurun kolesterol dan mencegah tekanan darah tinggi. Minyak wijen memiliki titik asap medium hingga tinggi sehingga cocok digunakan mulai dari dressing pada salad sampai dengan menumis. Minyak biji wijen dari La Tourangelle bisa menjadi pilihan minyak wijen yang lebih sehat dan aman karena terbuat dari biji wijen kualitas terbaik, non-GMO, bebas gluten, bebas sodium, dan bebas BPA.

  • Minyak Alpukat

Minyak alpukat merupakan minyak yang diekstrak dari buah alpukat mengandung lemak tidak jenuh tunggal dan vitamin E yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan kulit. Titik asap yang dimiliki minyak alpukat cukup tinggi sehingga bisa digunakan untuk berbagai sajian mulai dari dressing sampai dengan tumisan. Avocado oil dari La Tourangelle dapat menjadi pilihan minyak alpukat yang lebih aman dan sehat karena terdiri dari bahan-bahan yang alami, 100% pure ingredient, bebas BPA, telah diverifikasi Non-GMO dan bersertifikat bebas gluten.

  • Minyak Almond

Minyak almond berasal dari biji almond kering dan memiliki kandungan asam lemak tidak jenuh tunggal, vitamin E dan antioksidan yang tinggi. Beberapa manfaat dari minyak almond yaitu meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan hati dan jantung, menjaga kesehatan kulit dan berperan sebagai antiinflamasi dan antikanker. Minyak almond memiliki titik asap medium sehingga cocok untuk dressing pada salad sampai dengan menumis. Untuk mendapatkan minyak almond yang lebih bernutrisi, minyak almond alami lebih dianjurkan. Minyak almond La Tourangelle terbuat dari 100% kacang almond California alami, bebas sodium, gluten dan BPA serta telah diverifikasi non-GMO sehingga lebih aman untuk dikonsumsi.

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun (Olive oil) telah dikenal karena manfaat kesehatannya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet dengan tinggi asupan minyak zaitun dikaitkan dengan penurunan kematian dari semua penyebab. Terdapat beberapa jenis dari minyak zaitun yaitu virgin olive oil, pomace olive oil dan pure olive oil.

Virgin dan Extra Virgin olive oil diproduksi dari penghancuran zaitun segar dan diikuti dengan ekstraksi minyak secara mekanis. Tidak ada proses pemanasan atau penggunaan bahan kimia dalam pembuatannya. Extra Virgin Olive Oil terbuat dari buah zaitun yang memiliki kualitas paling tinggi sehingga memiliki kandungan nutrisi yang paling tinggi dibandingkan dengan minyak zaitun lainnya. Oleh karena itu, jenis minyak zaitun inilah yang paling beraroma dan paling berpotensi untuk meningkatkan kesehatan. Extra virgin olive oil memiliki titik asap yang rendah sehingga cocok digunakan dressing, bumbu marinasi atau bisa dikonsumsi langsung. Pure olive oil merupakan minyak zaitun yang dihasilkan dari proses penyulingan. Minyak zaitun murni ini memiliki titik asap medium sehingga cocok untuk memasak, menumis dan baking. Pomace olive oil dibuat dari ekstraksi residu minyak zaitun sehingga memiliki titik asap yang tinggi yang cocok untuk memasak seperti menggoreng dan baking.

Minyak sehat dapat memberikan manfaat lebih pada kesehatan tubuhmu jika digunakan sesuai dengan titik asapnya dan tidak menggunakannya secara berulang. Walaupun menggoreng terutama dengan deep frying sebenarnya tidak dianjurkan dalam menjaga kesehatan, namun dengan menggunakan minyak yang lebih tepat dapat mengurangi dampak negatif dari makanan yang digoreng. Yuk, mulai gunakan minyak yang lebih sehat dan aman untuk tubuhmu!

References

Ahmad, Z., 2010. The Uses and Properties of Almond Oil. Complementary Therapies in Clinical Practice, 16(1), pp. 10-12.

Anilakumar, K. R., PAL, A., Khanum, F. & Bawa, A., 2010. Nutritional, Medicinal and Industrial Uses of Sesame (Sesamum indicum L.) Seeds – An Overview. Agriculturae Conspectus Scientifi cus , 75(4), pp. 159-168.

Dahl, W., Tandlich, M. & England, J., 2016. Health Benefits of Olive Oil and Olive Extracts. IFAS Extension, pp. 1-5.

Dumancas, G. et al., 2016. Health Benefit of Virgin Coconut Oil. In: B. Holt, ed. Vegetable Oil: Properties, Uses, and Benefits. Oklahoma: Nova Science Publishers, Inc, pp. 1-33.

Flores, M. et al., 2019. Avocado Oil: Characteristics, Properties, and Applications. Molecules, 24(2172), pp. 1-21.

Prasad, N. et al., 2012. A Review on Nutritional and Nutraceutical Properties of Sesame. Journal of Nutrition & Food Sciences, 2(2), pp. 1-6.

Salian, V. & Shetty, 2018. Coconut Oil and Virgin Coconut Oil: An Insight into its Oral and Overall Health Benefits. ournal of Clinical and Diagnostic Research, 12(1).

21 likes

Author

Defanda Tritya, S.Gz, RD )

Your email address will not be published.