Healthy

KONSUMSI KACANG UNTUK KESEHATAN YANG LEBIH BAIK

April 6, 2020

Tags: , ,

Selain memiliki rasa yang gurih, kacang merupakan sumber plant-based nutrient yang sangat baik, karena memiliki tinggi kandungan protein, vitamin, mineral, dan khususnya healthy fats atau sering disebut dengan lemak sehat. Lemak sehat memiliki peran utama dalam melindungi kesehatan jantung, termasuk menurunkan kadar kolesterol, memulihkan peradangan, dan menjaga tekanan darah.1

Adapun 5 jenis kacang dengan kandungan lemak sehat terbaik adalah sebagai berikut :

  • Walnuts

Menyediakan asam lemak omega-3 yang bila diterapkan dalam asupan harian mampu menekan penuaan otak dan melindungi membran sel saraf agar tetap berfungsi optimal.2

  • Pecan

Diantara kacang lainnya, pecan memiliki kombinasi lemak sehat terbaik untuk menurunkan faktor risiko artherosklerosis, obesitas, dan sindrom metabolik.3

  • Almond

Memiliki kandungan vitamin E tertinggi diantara kacang lainnya, yang berperan dalam melindungi kerusakan jaringan kulit akibat radikal bebas dari sinar UV sekaligus menjadi sistem kekebalan.4

  • Cashew

Memiliki kandungan tinggi Copper, Fosfor, dan Magnesium yang berfungsi dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang dan otot, pelepasan energi, dan memaksimalkan penyerapan zat besi.5

  • Pistachio

Mengandung serat paling tinggi diantara kacang lainnya, yang berperan dalam meningkatkan pelepasan resting energy dalam pembakaran kalori, sehingga lebih efektif mengontrol kenaikan berat badan.6

Lalu bagaimana upaya untuk memenuhi asupan kacang? Lengkapi kebutuhan harian dengan konsumsi kacang yang bervariasi jenis setiap harinya.7 Sertakan varian kacang di dalam hidangan harian, seperti contohnya konsumsi roti dengan selai kacang (peanut butter jam), taburan di dalam salad dan olahan sayur, atau bisa juga dimix bersama jus/smoothies sehat kalian. Bagi yang gemar mengkonsumsi camilan, kacang bisa menjadi alternatif snack sehat seperti nuts-bar dan sereal kacang yang dapat langsung dimakan, dengan catatan memperhatikan batas konsumsi yang dianjurkan.

Jika tubuh teratur mengkonsumsi kacang, maka performa jantung akan selalu terjaga dengan baik, termasuk di dalamnya mencegah faktor risiko berbagai penyakit. Bila fungsi jantung bekerja, asupan nutrisi dalam darah akan optimal penyebarannya, maka semakin banyak vitamin dan mineral yang diserap sel tubuh. Penyerapan vitamin dan mineral, akan menguatkan sistem kekebalan terhadap virus dan meningkatkan metabolisme pembakaran energi.

References:

  1. Sheorey, S. D., R. Sengupta, and M. A. Hinge. “Heart healthy nuts.” International Journal of Current Pharmaceutical Review and Research 2.3 (2011): 145-60.
  2. Poulose, Shibu M., Marshall G. Miller, and Barbara Shukitt-Hale. “Role of walnuts in maintaining brain health with age.” The Journal of nutrition 144.4 (2014): 561S-566S.
  3. Atanasov, Atanas G., et al. “Pecan nuts: A review of reported bioactivities and health effects.” Trends in Food Science & Technology 71 (2018): 246-257.
  4. Foolad, Negar, et al. “Prospective randomized controlled pilot study on the effects of almond consumption on skin lipids and wrinkles.” Phytotherapy Research 33.12 (2019): 3212-3217.
  5. Rico, Ricard, Mònica Bulló, and Jordi Salas‐Salvadó. “Nutritional composition of raw fresh cashew (Anacardium occidentale L.) kernels from different origin.” Food science & nutrition 4.2 (2016): 329-338.
  6. GHASEMINASAB, PARIZI M., A. Ahmadi, and SEYED MOHAMMAD MAZLOOMI. “A review on pistachio: Its composition and benefits regarding the prevention or treatment of diseases.” (2015): 57-69.
  7. King, Janet C., et al. “Tree nuts and peanuts as components of a healthy diet.” The Journal of nutrition 138.9 (2008): 1736S-1740S.
2 likes

Author

Defanda Tritya, S.Gz, RD )

Your email address will not be published.