Healthy

Konsumsi rutin jamur untuk hidup sehat

March 31, 2020

Tags: , ,

Jamur merupakan kelompok sayur- sayuran yang tergolong kedalam superfood karna memiliki densitas nutrisi tinggi. Secara garis besar, Jamur mengandung vitamin B kompleks, copper, selenium, kalium, antioksidan, dan serat larut air  (beta- glucan).  Manfaat kesehatan mengkonsumsi jamur bagi tubuh tergantung dari jenis- jenis jamur.1

Berikut beberapa jenis jamur yang dapat kalian konsumsi

  • Portabello

Portabello mengandung kalium yang tinggi, yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dengan menstabilkan tekanan darah. Kandungan selenium yang terdapat dalam portabello berperan sebagai antioksidan alami.2

  • Shitake

Kandungan Vitamin B5 (asam pantotenat) yang tinggi dalam jamur shitake, baik untuk sistem syaraf dan mengontrol produksi hormone dalam tubuh.

  • Enoki

Jamur enoki tinggi akan kandungan Vitamin B3 (Niacin), yang berperan penting dalam sistem pencernaan dan menurunkan stress atau mood booster alami.

  • Shimeji

Jamur shimeji Mengandung Vitamin B2 (Riboflavin) dan Vitamin B3 yang cukup tinggi untuk mendukung kesehatan sistem syaraf dan sebagai sumber energi.3

  • Jamur kuping

Kandungan serat yang cukup tinggi dalam jamur kuping baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Selain banyaknya manfaat kesehatan yang terdapat pada jamur, perlu diketahui bahwa jamur memiliki kandungan kalori berkisar 20- 30 kkal/ 100 gram. Anjuran konsumsi setiap hari yaitu ½ cup jamur dalam keadaan matang. Untuk memaksimalkan nutrisinya, jamur perlu dikombinasikan variasinya dalam berbagai hidangan, seperti salad, sup, tumisan ataupun sebagai saus. Berdasarkan penelitian, proses pengolahan jamur yang paling baik adalah di grilled atau dipanggang dengan waktu yang singkat untuk mempertahankan kandungan antioksidan dan nutrisi dalam jamur.4

Dengan konsumsi jamur secara rutin, maka vitamin B kompleks, selenium dan copper didalam tubuh dapat terpenuhi sehingga proses detoksifikasi radikal bebas didalam tubuh dan metabolisme pemecahan energi menjadi optimal, kesehatan sistem syaraf akan terjaga, sistem imun akan meningkat dan terhindar dari berbagai penyakit degeneratif. 5

REFERENCES

  1. Feeney,M.J., et al. 2014. Mushrooms and health summit proceedings.  Journal of Nutrition. 144(7):1128S-36S
  2. Guillamón, E., et al. 2010. Edible mushrooms: Role in the prevention of cardiovascular  diseases.  Fitoterapia,  81,  715–723
  3. Chauhan, G., et al. 2017. Nutritional profiling and value addition of products from Hypsizygus tessellatus. Food Biology 2017, 6: 1-6
  4. Ramos, R., et al. 2017. Effect of different cooking methods on nutritional value and antioxidant activity of cultivated mushrooms. International Journal of Food Sciences and Nutrition 68 (3): 287-297, 2017
  5. María EV., et al. 2015. Edible mushrooms improving human health and promoting quality life. International Journal of Microbiology: 376387.
12 likes

Author

Nia Apriliani, S.Gz

Your email address will not be published.