Healthy / Organic Life

Lengkapi Nutrisi Makanan Mu dengan GEO Sprout

May 15, 2020

Tags: , , , ,

Tanpa Kita sadari, tubuh Kita sering mengalami kekurangan vitamin dan mineral yang membuat Kita menjadi lebih rentan terhadap virus atau penyakit.  Faktanya, makanan kaya akan vitamin dan mineral dapat mendukung sistem kekebalan tubuh yang mampu menghancurkan setiap virus yang masuk.1 Oleh karena itu, menjadi sangat penting untuk memperhatikan asupan nutrisi pada makanan Kita agar kebutuhan vitamin dan mineral Kita selalu terpenuhi. Salah satu makanan yang kaya akan vitamin dan mineral dan padat nutrisinya adalah sprout. Sprout atau kecambah merupakan biji yang telah melalui proses perkecambahan yang biasanya dimulai dengan merendam benih dan dibiarkan tumbuh selama beberapa hari sesuai dengan jenis benihnya. Hasil akhir dari proses perkecambahan inilah yang menghasilkan sprout atau kecambah.

Sprout Kaya Akan Nutrisi

Meskipun rendah kalori, sprout merupakan tanaman yang menyediakan sumber yang kuat dari vitamin, mineral dan antioksidan untuk melawan radikal bebas.2 Hal ini karena proses perkecambahan dapat meningkatkan vitamin dan mineral hingga 20 kali lebih tinggi dibandingkan dengan bijinya.3 Selain itu, proses perkecambahan juga dapat meningkatkan serat larut air dan asam amino esensial menjadi 30% lebih tinggi serta dapat mengurangi zat anti gizi yang membuat penyerapan nutrisi menjadi lebih optimal.4,5 Sehingga dengan mengonsumsi kecambah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan dan mendukung kesehatan fungsi tubuh secara keseluruhan.2,3 

Cara Mengonsumsi Sprout

Sprout dapat dikonsumsi dalam bentuk mentah atau dimasak dahulu karena kecambah merupakan makanan yang sangat mudah di campurkan dalam berbagai jenis makanan seperti pada tumisan sayur, omelete, sup, salad atau burger dan roti.

Mengapa Harus GEO Sprout?

GEO Sprout menyediakan benih kecambah organik yang pastinya aman untuk tubuh Kita, mengingat pada kecambah mentah seringkali ditemukan bakteri yang merugikan.6 GEO Sprout ini juga menyediakan berbagai jenis benih kecambah yang masing-masing memiliki keunggulan manfaat kesehatan untuk tubuh Kita. Nah berikut ini adalah manfaat dari masing-masing jenis benih kecambah GEO Sprout:

  • Benih bunga matahari untuk mendukung anti aging
  • Benih rami untuk membantu menurunkan stress
  • Benih basil untuk membantu anti inflamasi
  • Benih brokoli untuk membantu mencegah risiko kanker
  • Benih lentil untuk mendukung kesehatan tulang
  • Benih wheatgrass untuk membantu metabolisme tubuh
  • Benih kubis merah untuk mendukung kesehatan otot
  • Benih kacang hijau untuk mendukung kesehatan wanita terutama reproduksi
  • Benih alfalfa untuk menjaga kesehatan pencernaan
  • Benih lobak ravanello untuk membantu menurunkan kolesterol
  • Benih fenugreek untuk mendukung kesehatan ibu menyusui

Manfaat dari kecambah ini dapat dengan mudah Kita dapatkan jika Kita bisa menanamnya sendiri di rumah. Cara mudah menanam sprout sendiri dapat Kalian baca pada konten selanjutnya. Keep healthy everyone!!

References

  1. Karacabey, K. & Ozdemir, N., 2012. The Effect of Nutritional Elements on the Immune System. Journal obesity & weight loss therapy, 2(9), pp. 1-6.
  2. Brajdes, C. & Vizireanu, C., 2012. Sprouted Buckwheat an Important Vegetable source of Antioxidants. Food Technology, 36(1), pp. 53-60.
  3. Ghani, M. et al., 2016. Soybean Sprouts: A Review of Nutrient Composition, Health Benefits and Genetic Variation. Plant Breed. Biotech, 4(4), pp. 398-412.
  4. MS , S., DC, S. & CS, R., 2017. Effect of germination on chemical, functional and nutritional characteristics of wheat, brown rice and triticale: a comparative study.. Journal Science Food Agriculture, 97(13), pp. 4643-4651.
  5. AK, S., J, R., A, K. & G, J., 2015. Enhancement of Attributes of Cereals by Germination and Fermentation: A Review. Journal Critical Reviews in Food Science and Nutrition, 55(11), pp. 1575-1589.
  6. Boetani, J. M. et al., 2009. Salmonella Infections Associated with Mung Bean Sprouts: Epidemiological and Environmental Investigations. Epidemiol. Infect, 137(2009), pp. 357-366.
19 likes

Author

Defanda Tritya, S.Gz, RD )

Your email address will not be published.