Healthy

Makan Sehat Secara Alami

March 30, 2020

Tags: , , , , ,

Sekarang ini kebanyakan orang yang makan asal enak dan kenyang yang membuat asupan nutrisi tidak cukup, tidak seimbang atau bahkan over kalori.  Belum lagi zat-zat additive yang ada di dalam makanan seperti msg, pengawet, pewarna dan kandungan gula yang berlebih yang dapat meberikan efek negatif ke tubuh seperti alergi, kanker, kerusakan otak, mual dan penyakit jantung.

Jadi, bagaimana cara makan sehat secara alami?

  1. Fokus pada nutrisi dalam makanan

Tubuh butuh nutrisi yang hanya bisa didapatkan dari makanan, jadi makanan yang kita pilih harus yang memiliki densitas nutrisi tinggi atau makanan yang menyediakan berbagai zat gizi dengan kalori yang relative rendah. Contohnya, dalam 1 cup kentang mengandung kalori yang tinggi namun mengandung sedikit vitamin, mineral dan serat namun dalam 1 cup sayuran berdaun hijau dengan kalori yang lebih rendah mengandung berbagai macam vitamin, mineral dan serat yang jauh lebih banyak. Apalagi jika ditambahkan kacang-kacangan dan biji-bijian didalamnya maka nutrisinya akan semakin tinggi.

  • Pastikan makanan kamu bergizi seimbang.

Makanan bergizi seimbang artinya nutrisi atau zat gizi nya itu komplit serta porsinya sesuai dengan apa yang dibutuhkan tergantung dari usia, jenis kelamin, komposisi tubuhnya (berat badan dan tinggi badan), aktivitas sehari-harinya dan kondisi kesehatannya. Contoh dari makanan gizi seimbang dalam satu kali makan yaitu pastikan dalam piring kalian ada sayuran atau buah-buahan sebagai sumber vitamin dan mineral, kacang-kacangan dan biji-bijian sebagai sumber healthy fat, ikan, ayam atau daging sebagai sumber protein hewani, tofu atau beans lainnya sebagai sumber protein nabati dan quinoa, ubi, brown rice sebagai sumber karbohidrat kompleksnya, serta tambahkan fermented food seperti yoghurt, acar, kimchi, saurkraut sebagai sumber probiotiknya.

  • Pilih makanan yang memang alami atau organik.

Dengan makan makanan yang alami dan organik tandanya kita sudah mencegah masuknya zat-zat atau bahan bahan berbahaya ke tubuh kita dan menyediakan nutrisi untuk kesehatan kita.

Lalu apa impactnya dengan makan sehat secara alami ke tubuh?

Dengan memperhatikan nutrisi yang masuk ke tubuh, mulai dari makan makanan dengan densitas nutrisi yang tinggi, bergizi seimbang serta alami dan organik, maka akan memberikan banyak sekali manfaat yang kita dapat, antara lain:

  1. Sel-sel tubuh akan ternutrisi dengan baik yang membuat tubuh berfungsi secara optimal
  2. Tubuh akan selalu berenergi
  3. Berat badan yang ideal karena apa yang masuk telah sesuai sama apa yang dibutuhkan tubuh
  4. Menurunkan risiko alergi dan mencegah gangguan pencernaan karena makanan kamu bebas bahan-bahan kimia ataupun Genetik Modified Organism
  5. Meningkatkan sistem imun yang membuat pertahanan tubuh semakin kuat untuk melindungi tubuh melawan berbagai peyakit.
Reference
  1. Inetianbor, J., Yakubu, J. & Ezeonu, S., 2015. Effect of Food Additives and Preservatives on Man. Asian Journal of Science and Technology, 6(02), pp. 1118-1135.
  2. WHO, 2010. Nutrient Density, United Kingdom: Report of WHO.
  3. Swinburn, B. et al., 2006. Estimating the effects of energy imbalance on changes in body weight in children. America Journal Clinic Nutrition, Volume 83, pp. 859-922.
  4. Gopalakrishnan, 2019. Advantages and Nutritional Value of Organic Food on Human Health. International Journal of Trend in Scientific Research and Development, 3(4).
  5. Mie, A. et al., 2017. Human health implications of organic food and organic agriculture: a comprehensive. Environmental Health, 16(11).
  6. WHO, 2020. Health Topics. [Online]
    Available at: http://www.euro.who.int/en/health-topics/disease-prevention/nutrition/a-healthy-lifestyle/benefits-of-a-balanced-diet
    [Accessed 28 March 2020].
10 likes

Author

Defanda Tritya, S.Gz, RD )

Your email address will not be published.