Healthy / Lifestyle / Uncategorized

Manfaat Makan Lemak Baik untuk Tubuh Sehat Alami

April 8, 2020

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Semakin banyak makanan berlemak/berminyak yang diberi label tidak sehat dan membuat orang takut untuk makan lemak.  Maraknya iklan komersil tentang label “Low Fat Diet” yang membuat semua lemak dapat menyumbat pembuluh darah, menyebabkan penyakit jantung ataupun kencing manis. Kamu bisa memilih konsumsi lemak yang lebih baik yang didapatkan melalui kacang-kacangan, alpukat, minyak VCO, minyak zaitun, minyak ikan, minyak flaxseed, coklat, cocoa butter, coconut butter, ikan dan telur dengan 8 manfaat untuk tubuh kamu :

  1. Mendigest Vitamin Larut Lemak

Vitamin larut dalam lemak yaitu Vitamin A, D, E, K1, K2 lebih banyak diabsorpsi bila kita mengkombinasikan dengan konsumsi makanan yang mengandung lemak baik seperti MUFA (monounsaturated fatty acid) PUFA (polyunsaturated fatty acid) .

  • Mengandung Essential fatty acid sebagai anti inflamasi

Asam lemak adalah komponen penting untuk proses pembentukan 2 lapisan membrane (fosfolipid) . Salah satunya dengan konsumsi makanan yang mengandung omega 3 (alfa-linolenat) dan omega 6 (asama linoleat) yang dapat diproses oleh tubuh membentuk EPA (Eikopentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic ecid) untuk mengontrol mediator peradangan.

  • Mengandung Kolesterol yang berfungsi untuk stabilisasi kerja sel Otak, Pembungkus Myelin pada sel saraf, dan pembentuk 50% dinding sel

Kolesterol dan asam lemak berperan dalam prose biologis untuk membangun membrane sel,myelinasi pada sel saraf (Sel Schwann) dan pada metabolisme otak melalui produksi enzim FASN yang kita dapatkan dari konsumsi makanan berlemak sehat.

  • Prekursor untuk Pembuat Hormon (Testosterone, Estrogen, Cortisol)

Peningkatkan konsumsi MUFA & PUFA dapat meningkatkan hormon free testosterone, total testosterone dan inhibin B. Pada wanita, meningkatnya konsumsi makan berlemak membantu meningkatkan hormone reproduksi dan membantu siklus menstruasi menjadi lebih teratur.

  • Bahan Dasar untuk Pembentukan Sistem Imun

Kandungan omega 3 yang bisa kamu dapatkan dari Ikan/Biji Flaxseed dapat meningkatkan ALA, EPA dan DHA pada tubuh kamu sehingga dapat meningkatkan fungsi imun terutama pada penyakit autoimun dan kanker.

  • Metabolisme kalsium & proses absorpsi pada tulang

Kandungan MUFA yang tinggi dapat membantu meningkatan volum dan ketebalan pada tulang, sementara SFA (saturated fatty acid) membantu meningkatkan absorpsi kalsium di usus.

  • Mengandung Asam Butirat sebagai profil Nutrisi Bakteri Baik(sebagai Prebiotik) untuk sel kolon

Untuk mempertahankan fungsi pencernaan kita dibantu oleh bakteri baik yang tinggal di kolon (Probiotik) yang bekerja sinergis dengan bantuan PUFA dan SCFA seperti asam butirat.

  • Mengandung MCT sebagai sumber Energy & menjaga agar Kenyang lebih lama

MCT (medium-chain-tryglycerides) yang berasal dari lemak tersaturasi dapat menjadi sumber energi yang sangat diperlukan oleh otak. Dari hasil penelitian, minyak MCT lebih memberikan efek 2-3x lipat lebih cepat dibandingkan minyak zaitun dalam menurunkan berat badan.

Nah, jika kamu rutin menambahkan lemak baik ke dalam tubuh kamu, manfaatnya sangat banyak, semua sel & organ tubuh kamu kuat & berenergi, produksi hormone kamu terus seimbang, sistem imun kamu optimal, otak kamu bisa bekerja lebih baik, kesehatan kulit dan mata kamu semakin terjaga.


1. Institute of Medicine (US) Committee on Military Nutrition Research. “Fatty Acids and Immune Functions.” Military Strategies for Sustainment of Nutrition and Immune Function in the Field., U.S. National Library of Medicine, 1 Jan. 1999, www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK230960

2. MInguez-Alarcón, Lidia, et al. “Fatty Acid Intake in Relation to Reproductive Hormones and Testicular Volume among Young Healthy Men.” Asian Journal of Andrology, Medknow Publications & Media Pvt Ltd, 2017, www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5312216/


3. Montani, Laura, and Ueli Suter. “Building Lipids for Myelin.” Aging, Impact Journals, 22 May 2018, www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5990396/.


4. Niramitmahapanya, Sathit, et al. “Type of Dietary Fat Is Associated with the 25-Hydroxyvitamin D3 Increment in Response to Vitamin D Supplementation.” The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, Endocrine Society, Oct. 2011, www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3200243/.


5. Peng, Mengfei, and Debabrata Biswas. “Short Chain and Polyunsaturated Fatty Acids in Host Gut Health and Foodborne Bacterial Pathogen Inhibition.” Critical Reviews in Food Science and Nutrition, U.S. National Library of Medicine, 12 Dec. 2017, www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27438132.


6. St-Onge, Marie-Pierre, et al. “Medium Chain Triglyceride Oil Consumption as Part of a Weight Loss Diet Does Not Lead to an Adverse Metabolic Profile When Compared to Olive Oil.” Journal of the American College of Nutrition, U.S. National Library of Medicine, Oct. 2008, www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2874191/.

7. Tvrzicka, Eva, et al. “Fatty Acids as Biocompounds: Their Role in Human Metabolism, Health and Disease–a Review. Part 1: Classification, Dietary Sources and Biological Functions.” Biomedical Papers of the Medical Faculty of the University Palacky, Olomouc, Czechoslovakia, U.S. National Library of Medicine, June 2011, www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21804620

8. Wang, Yang, et al. “High Fat Diet Enriched with Saturated, but Not Monounsaturated Fatty Acids Adversely Affects Femur, and Both Diets Increase Calcium Absorption in Older Female Mice.” Nutrition Research (New York, N.Y.), U.S. National Library of Medicine, July 2016, www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4919156/.

2 likes

Author

dr. Arihta Johana Wulandari Ginting

Your email address will not be published.