Healthy / Lifestyle

Manfaat Protein untuk Tubuh Sehat Alami

April 16, 2020

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Banyaknya program All you can Eat, membuat beberapa dari kita mengkonsumsi Protein terutama Protein Hewani secara berlebihan, padahal untuk sehat alami kita hanya perlu makan dalam jumlah yang tepat agar tubuh mendapatkan  nutrisi asam amino dan tidak meningkatkan beban kerja dari Ginjal kita.

Dalam jumlah optimal, protein adalah Body Building Block atau bahan utama dalam melakukan banyak fungsi tubuh kamu, seperti semen yang merupakan bahan dasar untuk membuat rumah.  Berikut ini adalah manfaat protein.

1.            Pertumbuhan dan Regenerasi Sel

Untuk mempertahankan keseimbangan dari sel dan jaringan yang rusak, tubuh membutuhkan kombinasi asam amino dalam membentuk struktur dan memperbaiki fungsi sel yang baru, terutama pada mitokondria yang merupakan sumber penghasil energi dan pusat ROS (Reaksi & Oksidasi).

2.            Membantu memproduksi enzim-enzim

Asam amino adalah bahan dasar untuk memproduksi enzim-enzim pencernaan, enzim penyembuhan luka dan enzim pembentukan energy (ATP) di dalam sel. Enzim-enzim ini berfungsi sebagai katalis (membantu mempercepat reaksi), seperti laktase untuk mencerna gula, atau tripsin untuk mencerna protein.

3.            Memproduksi protein struktural seperti elastin, kolagen dan keratin.

Setiap sel terhubung dengan jaringan ikat berupa kolagen, elastin, ataupun keratin dengan komposisi yang berbeda pada setiap organ. Pada  kuku terdapat lebih banyak keratin, sedangkan pada paru lebih banyak jaringan elastin. Kolagen adalah protein terbanyak pada tubuh terutama pada ligament, tendon, tulang dan kulit.

4.            Membantu membentuk sel imun, immunoglobulin dan antibodi

Ketika tubuh kamu dapat membentuk antibodi melawan bakteri/ virus,  sistem imun bekerja lebih cepat untuk melawan pathogen.

5.            Membantu transport molekul-molekul nutrisi dalam darah

Protein ini berfungsi  untuk membawa nutrisi, tempat penyimpanan mineral, dan mempertahankan keseimbangan tekanan dalam darah seperti Hemoglobin, Plasma, Albumin, Globulin, Ferritin dan GLUT (transporter gula).

6.            Mendukung kontraksi & pergerakan otot

Asam amino membantu melalui pergerakan aktin & myosin pada otot terutama pada saat otot berkontraksi

7.            Produksi Hormon

Protein/ asam amino ini berperan sebagai pembawa sinyal untuk komunikasi antar sel, jaringan dan organ. Misalnya Insulin untuk metabolisme gula, Glukagon untuk penyimpanan gula dalam hati, GH untuk pertumbuhan anak/ibu hamil, ADH untuk fungsi ginjal, ACTH untuk regulasi kortisol.

Penuhi kebutuhan protein kamu baik dari sumber makanan protein hewani ataupun nabati yang berkualitas yaitu bebas steroid, antibiotik, GM, pengawet dan bahan kimia lainnya sehingga Tubuh kamu akan terus berenergi, Tubuh membuat performa terbaik, kesehatan dan pertumbuhan terus meningkat.

Makan Protein Berkualitas dalam Jumlah yang cukup dan Tetap KuatinBadannya


1. Berg, Jeremy M. “Protein Structure and Function.” Biochemistry. 5th Edition., U.S. National Library of Medicine, 1 Jan. 1970, www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK21177/.

2. Carbone, et al. “Dietary Protein and Muscle Mass: Translating Science to Application and Health Benefit.” MDPI, Multidisciplinary Digital Publishing Institute, 22 May 2019, www.mdpi.com/2072-6643/11/5/1136/htm.


3. Diether, Natalie E, and Benjamin P Willing. “Microbial Fermentation of Dietary Protein: An Important Factor in Diet⁻Microbe⁻Host Interaction.” Microorganisms, MDPI, 13 Jan. 2019, www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6352118


4. Douglas, et al. “Protein and Healthy Aging.” OUP Academic, Oxford University Press, 29 Apr. 2015, academic.oup.com/ajcn/article/101/6/1339S/4564495.

5. Kitada, Munehiro. “The Impact of Dietary Protein Intake on Longevity and Metabolic Health.” Redirecting, Elsevier (Ebiomedicine), 8 Apr. 2019, doi.org/10.1016/j.ebiom.2019.04.005.


6. Kominiarek, Michelle A, and Priya Rajan. “Nutrition Recommendations in Pregnancy and Lactation.” The Medical Clinics of North America, U.S. National Library of Medicine, Nov. 2016, www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5104202


7. Li, Peng, et al. “Amino Acids and Immune Function.” The British Journal of Nutrition, U.S. National Library of Medicine, Aug. 2007, www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17403271.


8. Wu, Guoyao. “Dietary Protein Intake and Human Health.” Food & Function, The Royal Society of Chemistry, 11 Jan. 2016, pubs.rsc.org/en/content/articlelanding/2016/FO/C5FO01530H#!divAbstract.

2 likes

Author

dr. Arihta Johana Wulandari Ginting

Your email address will not be published.