Lifestyle

Memulai Hari dengan Sehat Alami

April 2, 2020

Banyak orang melakukan kebiasaan sehari-hari yang tidak sehat namun tetap melakukannya karena tidak tahu untuk hidup sehat harus memulai dari mana. Mulai dari bangun tidur kaget dengan alarm, tidak berenergi, pagi selalu bersin-bersin, harinya tidak produktif, sampai kualitas tidur yang jelek.

Dengan merubah gaya hidup, perlu diketahui bahwa dengan mengubah hal kecil memberikan dampak yang sangat besar.

Berikut adalah cara mudah untuk memulai hari mu untuk mencapai #sehatbeneran ;

  • Minum Air dicampur dengan lemon

Saat bangun tidur dan keadaan lambung kosong, sangat baik untuk memulai hari dengan Acid. Ini adalah cara untuk mensupport asam lambung supaya makanan dapat tercerna sempurna, fungsi imunitas dari asam lambung bekerja, dan penyerapan vitamin mineral dapat lebih baik.

Campurkan segelas air hangat dengan ¼ – ½ air perasan lemon. Bila tidak ada gangguan lambung kamu bisa mengkonsumsi 1 sdm ACV (Apple Cider Vinegar) di campur segelas air hangat ini sangat baik untuk pencernaan.

  • Nikmati waktu di pagi hari

Mulai dengan melakukan hal yang membuat kamu happy. Seperti mendengarkan music favorit, stretching, atau membaca. Biasakan untuk tidak tergesa-gesa saat pagi hari.

  • Olahraga tepat sesuai kapasitas tubuh

Lakukan olahraga ringan di pagi hari, atau lakukan olahraga yang sesuai dengan kapasitas tubuhmu. Bila saat olahraga kamu merasa tersiksa, jangan dilanjutkan.

  • Mandi dengan menggunakan produk pembersih dan perawatan yang natural atau organik.
  • Sarapan dengan nutrisi yang tinggi

Sarapan berenergi bisa dengan ubi jalar, quinoa, telur, menjaga insulin supaya tidak spike. Makanan tinggi vitamin B seperti Nutritional Yeast sangat baik untuk pagi hari, tambahan lemak sehat seperti alpukat memberikan energi yang bertahan lama. Nutrisi di pagi hari sangat menentukan keseharianmu. Start pagi dgn makanan tingggi gula akan membuat kamu craving seharian.

  • Jus sayur

Karena anjuran sayur yang kita perlukan setiap harinya mencapai 7-10 mangkuk, dengan dibuat jus memudahkan untuk mencapai porsi yang dibutuhkan. Sayur yang di jus, terjaga vitamin dan mineralnya dan sangat mudah di absorbsi tubuh. Jus sayur yang masuk ke dalam tubuh dapat membersihkan pembuluh darah, mengeluarkan racun (detoks), dan mengurangi kadar radikal bebas. Jus sayur bisa ditambahkan sedikit buah hanya untuk sebagai rasa.

  • Berjemur

Paling baik dilakukan di atas jam 10 pagi, ketika konsentrasi sinar UV B mulai tinggi. Sinar matahari ini bisa membuat tubuh membentuk vitamin D3 yang mempunyai banyak sekali fungsi di tubuh. Mulai dari keseimbangan hormon sampai sistem imun. Berjemur di siang hari juga menstimulasi hormon tidur agar keluar di malam hari sehingga tidur menjadi nyenyak.

  • Makan siang dengan Nutrisi seimbang

Pastikan makan siang dengan makanan yang tinggi nutrisinya. Karbohidrat simpel dengan porsi besar di siang hari seperti nasi, bakmi, gorengan tepung, justru membuat ngantuk sehabis makan. Menjadikan sisa harimu tidak produktif.

  • Hindari paparan toksin salam kehidupan sehari-hari seperti merokok, makan makanan dan minuman yang tinggi pengawet, pemanis dan perasa sintetik.
  • Ganti snack dengan yang sehat

Snacking atau ngemil biasanya tidak terlalu dibutuhkan. Namun jika masih ingin ngemil, ganti camilan dengan kacang-kacangan atau biji-bijian seperti almond, kacang mede, pistachio, biji labu, biji bunga matahari sebanyak 1 genggam saja. Semakin nutrisi terpenuhi, keinginan snacking itu akan berkurang dengan sendirinya.

  • Makan malam dengan protein berkualitas, lemak baik, dan sayuran supaya kenyang lebih lama, nutrisi untuk pembentukan hormon di malam hari terpenuhi, dan kualitas tidur baik. Makan malam ini juga bisa diganti dengan Smoothies yang muntinutrisi. Makan malam maksimal jam 7 malam dan hindari makanan yang terlalu pedas.
  • Bersiap tidur mulai jam 9 malam, kurangi cahaya lampu kamar, dan lakukan hal yang menenangkan sebelum tidur. Pastikan tidak ada gangguan saat tidur.

Impactnya, Bangun pagi tubuh segar adalah tanda bahwa tidurmu benar dan berkualitas. Otak kamu siap, moodmu bagus, mental siap, dan berenergi. Kamu siap memulai hari mu.

Reference

  1. Pem, Dhandevi, and Rajesh Jeewon. “Fruit and Vegetable Intake: Benefits and Progress of Nutrition Education Interventions- Narrative Review Article.” Iranian Journal of Public Health, Tehran University of Medical Sciences, Oct. 2015, www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4644575/.
  2. Umar, Meenakshi, et al. “Role of Vitamin D Beyond the Skeletal Function: A Review of the Molecular and Clinical Studies.” International Journal of Molecular Sciences, MDPI, 30 May 2018, www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6032242/.
  3. Subscribe. “Drinking Lemon Juice to Improve Your Digestion.” Watkins Publishing, 6 July 2015, www.watkinspublishing.com/drinking-lemon-juice-improve-digestion/.
  4. Lindseth, Glenda, et al. “Nutritional Effects on Sleep.” Western Journal of Nursing Research, U.S. National Library of Medicine, Apr. 2013, www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5621741/.
  5. Irish, Leah A, et al. “The Role of Sleep Hygiene in Promoting Public Health: A Review of Empirical Evidence.” Sleep Medicine Reviews, U.S. National Library of Medicine, Aug. 2015, www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4400203/.
2 likes

Author

dr. Kartika Prasasti Ramadia

Your email address will not be published.