Healthy / Lifestyle

Pengganti Gula yang Aman dan Sehat bagi Penderita Diabetes

June 9, 2020

Tags: , , , , , , , , , ,

Penderita diabetes sering kali menganggap bahwa mereka harus menghindari makanan dan minuman manis. Hal ini membuat kebanyakan dari mereka menjadi frustasi yang berdampak pada semakin memburuknya kontrol gula darah. Konsumsi gula berlebih memang dapat memicu produksi insulin yang belebih. Bila hal ini terjadi terus menerus, pankreas (tempat produksi insulin) akan mengalami kelelahan dan tidak lagi dapat mengotrol produksi insulin sehingga gula dalam darah meningkat yang menyebabkan diabetes. Namun, faktanya penderita diabetes tidak harus menghindari semua makanan manis, mereka hanya perlu membatasi jumlahnya agar tidak melewatkan nutrisi penting lain yang dibutuhkan tubuh dan menggantinya dengan pengganti gula yang lebih sehat dan aman bagi penderita diabetes.

Kenapa pemanis alami lebih baik dibandingkan gula pasir?

Pemanis alami adalah pengganti gula yang rendah atau tanpa kalori yang tidak dipecah oleh tubuh sehingga tidak meningkatkan kadar glukosa darah. Sedangkan gula pasir terbuat dari tebu dan sangat cepat diserap oleh tubuh sehingga dapat langsung meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Jadi, penderita diabetes masih bisa menikmati makanan dan minuman manis sebagai bagian dari pola hidup sehatnya dengan tetap memperhatikan takaran sajinya.

Apa saja pengganti gula yang baik untuk penderita diabetes?

Berikut ini adalah pengganti gula yang tidak meningkatkan kadar gula dalam darah

  • Stevia

Stevia adalah pemanis alami dari tanaman yang tidak mengandung gula atau kalori yang membuat gula darah tetap stabil saat dikonsumsi sehingga aman untuk penderita diabetes. Jumlah stevia yang rekomendasikan adalah sekitar 4 mg/kg berat badan perhari.

  • Sugar Alkohol

Gula alkohol seperti xylitol dan erythritol adalah jenis karbohidrat yang ditemukan secara alami dalam buah dan sayuran. Mereka hanya diserap tubuh sebagian, mempunyai kalori yang lebih sedikit dibandingkan gula biasa sehingga tidak meningkatkan gula darah secara signifikan. Jumlah gula alkohol yang aman untuk penderita diabetes adalah sekitar 10 gram per hari.

Bagaimana dengan Artificial Sweetener?

Beberapa pemanis buatan seperti aspartam, siklamat, sakarin, neotam dan sukralosa memang dibuktikan dapat menjadi pengganti gula untuk penderita diabetes karena tidak meningkatkan kadar gula dalam darah. Namun, pada beberapa penelitian menyatakan bahwa manfaat dari pemanis buatan masih dalam kontroversi karena penggunaannya dalam jangka panjang dan berlebih telah dihubungkan dengan penyakit kanker dan memicu risiko obesitas yang dapat memperburuk kondisi penderita diabetes.

Berikut beberapa rekomendasi pengganti gula yang sehat untuk diabetes

  • Now – Stevia

Merupakan pemanis alami dengan zero kalori yang bebas gluten, tidak mengandung bahan tambahan, non-GMO verified dan disertifikasi oleh USDA Organic yang membuat pemanis ini menjadi pilihan yang sangat tepat sebagai pengganti gula untuk penderita diabetes.

  • Now – Xylithol

Merupakan xylitol murni yang mengandung 1/3 kalori yang lebih kecil dibandingkan gula biasa, tidak mengandung bahan tambahan lainnya dan non-GMO verified yang membuat pemanis ini sangat baik untuk diet rendah gula atau ketogenik.

  • Now – Erythritol

Merupakan pemanis alami dengan zero kalori yang bebas gluten, tidak mengandung bahan tambahan, non-GMO verified yang membuat pemanis ini sangat cocok digunakan untuk banyak resep dan baking.

References

Diabetes Canada, 2018. Sugar and Sweeteners, Canada: The Canadian Diabetes Association.

Ibrahim, O., 2016. Sugar Alcohols: Chemical Structures, Manufacturing, Properties and. EC Nutrition, 4(2), pp. 817-824.

Marinkovic, A., Gosse, J., Likaj, L. & Ayodele, O., 2018. Artificial sweeteners and their association with Diabetes: A review. Journal Public Health Catalog, 1(4), pp. 86-88.

Ranjan, Jaiswal, J. & Jena, J., 2011. Stevia as A Natural Sweetener. International Journal of Research in Pharmacy and Chemistry , 1(4), pp. 1199-1202.

15 likes

Author

Defanda Tritya, S.Gz, RD )

Your email address will not be published.