Healthy / Lifestyle

Sahur yang lebih Sehat

May 13, 2020

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Terkadang kita menyiapkan makanan sahur dengan makanan instan yang tinggi pengawet atau konsumsi makanan yang tinggi gula agar kenyang tanpa memperhatikan kandungan gizi.


Sahur adalah momen kamu dapat memberikan nutrisi yang berenergi tinggi bagi tubuh kamu agar puasa kamu tidak mudah lemas, mendapat gizi yang tepat, dan mengontrol nafsu makan saat berbuka nanti.

Kamu dapat membuat Smoothies dengan cara mengkombinasikan Multinutrisi dalam satu gelas-

Data :

  1. Kacang-kacangan atau biji-bijian. Protein ini adalah sumber energi tinggi karena memiliki kandungan lemak sehat yang baik, disertai mineral-mineral yang membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, dan tinggi antioksidan.
  2. Sayuran. Kamu bisa menambahkan sumber vitamin, mineral dan serat kamu dengan aneka sayuran hijau seperti bayam yang tinggi lutein.
  3. Buah-buahan adalah salah satu sumber energi kamu pada pagi hari kamu bisa menambahkan alpukat atau pisang yang tinggi kalium dan buah berry yang tinggi sekali kandungan antioksidannya.
  4. Lemak Sehat. Kamu dapat menambahkan healthy fats dalam bentuk minyak kelapa/minyak zaitun/flaxseed oil dengan profil omega 3 yang baik dengan sumber energi tinggi yang membantu kamu dapat mengontrol nafsu makan.
  5. Superfood. Kamu bisa menambahkan nutrisi dari Superfood seperti Spirulina, Biji Coklat, Wheatgrass ataupun Acaiberry.
  6. Untuk membuat smoothies kamu perlu menambahkan cairan seperti spring water, air kelapa, air lemon ataupun campuran air dan cuka apel.

Nah, ketika kamu sudah rutin melakukannya, tubuh kamu dapat melakukan proses perbaikan sel, detoksifikasi tubuh, dan seluruh sistem dapat bekerja optimal agar kamu tetap sehat selama bulan puasa.


Lessan, N., & Ali, T. (2019, May 27). Energy Metabolism and Intermittent Fasting: The Ramadan Perspective. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6566767/
Patterson, R. E., Laughlin, G. A.. (2015, August). Intermittent Fasting and Human Metabolic Health. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4516560/

2 likes

Author

dr. Arihta Johana Wulandari Ginting

Your email address will not be published.