Healthy / Lifestyle

Makanan Tinggi Potasium (Kalium)

April 6, 2020

Tags: , , , , , , ,

Potasium adalah mineral esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh kita tidak dapat memproduksi potassium, sehingga kita harus mendapatkannya dari Makanan.
Dari survey, kurang dari 3% penduduk Indonesia yang mendapatkan 4700mg Potassium setiap hari akibat jarang makan sayur. Tubuh yang kekurangan potassium biasanya memiliki gejala yang bervariasi dari mulai kram otot, susah BAB, hingga gangguan irama pada jantung. Terus penuhi 7-10 cup sayur kamu setiap hari dengan rekomendasi daftar makanan ini

  1. Sayuran daun Beet, 1300 mg Potassium per cup
    Sayuran keunguan yang dapat dimasak ataupun ditambahkan pada salad, kandungan kalium yang dilengkap nitrat dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan otot jantung. Kandungan flavonoid seperti Vitexin dapat membantu mengikatkan fungsi hati.
  2. Alpukat sejumlah 975mg potassium per buah
    Alpukat memiliki kandungan lemak baik, Vitamin K, potassium dan folat yang tinggi. Kandungan potassium membantu menstabilisasi tekanan darah.
  3. Kentang /Ubi Manis sejumlah 975 mg potassium
    Kentang/Ubi manis adalah salah satu makanan untuk meningkatkan konsumsi kalium, dengan nutrisi lainnya berupa karbohidrat complex, dan vitamin A.
  4. Kacang lima atau kacang putih sejumlah 857 gram potassium
    1 cup (179 gram) kacang lima mengandung kalium 2 kali jumlah satu pisang, dan merupakan sumber terbaik untuk protein serat, dan mineral besi.
  5. Bayam 839 potasium
    Bayam ini juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan tulang, vitamin K, folat dan magnesium.
  6. Squash /labu oranye 801 mg Potassium/cup
    1 cup (205 gram) ini mengandung potassium sebanyak 801 gr, dengan multivitamin (A, C, B, E) dan mineral magnesium.
  7. Brussel Sprout 504 mg Potassium/cup
    Brussel sporout memiliki jumlah mineral esensial yang tinggi terutama kalium , selenium, tembaga, besi, zinc dan mangan.
  8. Brokoli sebanyak 467 mg Potassium/cup
    Brokoli terkenal dengan sayuran yang kaya akan banyak mineral, salah satunya potassium yang membantu dalam mencegah craving akan gula.

Bila, kamu rutin memenuhi kebutuhan potasium/kalium kamu, Sistem Digestive kamu sehat, craving akan gula turun, cairan di dalam tubuh menjadi lebih seimbang, tekanan darah stabil, jantung kamu bisa berkontraksi dengan baik sehingga aliran darah kamu lancar, tulang kamu kuat dan otot kamu ga mudah kram.


Rajin konsumsi makanan tinggi kalium dan terus #kuatinbadan kamu ya.

2 likes

Author

dr. Arihta Johana Wulandari Ginting

Your email address will not be published.