Healthy / Lifestyle

Superfood Menyehatkan yang Wajib Ada di Rumah

June 29, 2020

Tags: , , , , , , ,

Banyak orang mungkin sering tidak menyadari bahwa tidak berenergi, sulit berkonsentrasi, pencernaan tidak lancar, kulit kusam, rambut rontok merupakan tanda adanya kekurangan nutrisi tertentu dari makanan yang mereka konsumsi. Faktanya, sekitar 97,1% masyarakat Indonesiakurang mengkonsumsi buah dan sayur yang mengakibatkan kurangnya asupan vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh. Sebaliknya, konsumsi makanan tinggi kalori dan rendah nutrisi seperti junk food, minuman manis dan makanan olahan terus meningkat, sehingga banyak nutrisi penting yang sering terlupakan.

Superfood adalah jenis makanan padat nutrisi yang umumnya mengandung rendah kalori namun kaya akan vitamin, mineral, serat dan antioksidan sehingga dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi harian Kita. Rutin mengonsumsi superfood dapat memberikan banyak manfaat kesehatan dan mencegah berbagai macam penyakit terutama pada masa pandemik ini. Oleh karena itu, Kita sebaiknya selalu menyediakan superfood dirumah untuk dikonsumsi setiap hari.

Berikut adalah 5 superfood dan manfaatnya yang wajib ada di rumah.

  • Kale

Kale telah dikenal sebagai makanan paling padat nutrisi karena kaya akan vitamin dan mineral serta rendah kalori. Dalam satu mangkok kale segar mengandung vitamin A yang mampu memenuhi 206% kebutuhan harian, vitamin K yang mampu memenuhi 684% kebutuhan harian dan vitamin C yang mampu memenuhi 134% kebutuhan harian. Selain itu, kale juga mengandung zat besi yang lebih dari daging, kalsium yang lebih dari susu dan kaya akan antioksidan. Mengonsumsi kale bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, menurunkan risiko kanker, mencegah inflamasi, menjaga kesehatan tulang dan menangkap radikal bebas.

Superfood Biotona Kale Powder memberikan kemudahan Kita untuk mengonsumsi kale setiap harinya karena dapat dicampur ke berbagai makanan dan minuman yang Kita konsumsi. Dibuat dari 100% natural dan organik kale dengan teknik freeze-drying sehingga rasa, warna dan aromanya hampir setara dengan kale segar dan kandungan nutrisinya tetap terjaga (1 sendok makan kale powder setara dengan nutrisi 1 mangkok kale segar).

  • Spirulina

Selain kale, spirulina juga telah dikenal sebagai salah satu makanan paling bergizi karena mengandung tinggi protein, asam amino esensial, vitamin B, zat besi, magnesium, kalium dan vitamin mineral lainnya serta antioksidan. Kandungan klorofil dalam spirulina memberikan manfaat kesehatan yaitu membantu proses detoksifikasi efek racun dari logam berat, air dan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, spirulina juga memiliki manfaat lainnya seperti memberikan efek anti-bakteri, anti-virus, anti-inflamasi dan anti-kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempertahankan vitalitas tubuh dan menangkap radikal bebas.

Superfood Biotona Spirulina Powder memberikan kemudahan Kita untuk mengonsumsi spirulina setiap harinya karena dapat dicampur ke berbagai makanan dan minuman seperti air, smoothies atau shakes. Superfood Biotona Spirulina ini terbuat dari 100% organik dan natural spirulina dengan teknik freeze-drying sehingga nutrisinya juga tetap terjaga.

  • Wheatgrass

Wheatgrass merupakan salah satu tanaman yang memiliki kandungan nutrisi tinggi karena mengandung enzim dan semua jenis asam amino esensial yang dapat membantu tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan yang rusak. Selain itu, wheatgrass juga mengandung tinggi klorofil, antioksidan flavonoid, vitamin A, C, E dan mineral seperti zat besi, kalsium dan magnesium sehingga bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan, membantu pembentukan sel darah merah dan mencegah penuaan dini.

Melrose Essential Green terbuat dari 100% bubuk hijau organik wheatgrass dengan campuran barley, chlorella dan spirulina sehingga bermanfaat untuk mendukung proses detoksifikasi tubuh dan juga membantu melancarkan pencernaan. Melrose Essential Green ini telah disertifikasi 100% organic green, ACO organic dan 100% natural sehingga aman dicampur kedalam air, smoothies atau shakes untuk dikonsumsi setiap hari.

  • Beri

Buah beri merupakan buah yang memiliki nutrisi tinggi namun rendah kalori. Berdasarkan penelitian, buah beri memiliki antioksidan hingga 4x lebih besar dari buah-buahan non-beri, 10x lebih besar dari sayuran dan 40x lebih besar dari sereal. Selain itu, beri memiliki kandungan vitamin A, C, E yang tinggi dan senyawa fenolik yang sangat tinggi. Mengonsumsi buah beri setiap hari bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, meningkatkan kesehatan kulit, menurunkan risiko kanker dan sebagai anti-inflamasi.

Produk superfood alami yang mengandung beri dan aman untuk dikonsumsi setiap hari yaitu Biotona Acai Powder dan Melrose Essential Red. Biotona Acai Powder terbuat dari 100% natural Acai Beri yang merupakan jenis beri dengan kandungan antioksidan tertinggi. Sedangkan Melrose Essential Red terbuat dari campuran beri, buah delima dan bit sehingga mengandung tinggi polifenol, nitrat dan antioksidan astaxanthin yang merupakan jenis antioksidan paling kuat.

  • Buah-buahan dan Sayur-sayuran

Buah dan sayur kaya akan vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang diperlukan tubuh untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan. Kita dianjurkan untuk mengonsumsi 5-7 sajian buah dan sayuran per hari untuk dapat memenuhi nutrisi harian. Namun, faktanya 9 dari 10 orang tidak memenuhi kebutuhan buah dan sayuran setiap harinya karena golongan makanan ini sering tidak disukai terutama pada anak-anak.

Lynq Multifunction Superfood dapat menjadi solusi untuk anak maupun dewasa yang kurang menyukai sayuran dan buah. Superfood ini terbuat dari 12 sayuran dan buah-buahan organik yang kaya akan vitamin A, B, C, D, E dan K, mineral (terutama zat besi) dan serat sebagai prebiotik alami. Mengonsumsi LYNQ dapat membantu memenuhi 50% dari rekomendasi asupan vitamin harian sehingga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu mencegah konstipasi dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

  • Superfood Drink

Superfood drink dapat menjadi pilihan minuman bernutrisi tinggi yang paling praktis untuk dibawa dan dikonsumsi dimana saja karena dikemas dalam bentuk sachet, seperti pada Melrose Essential Nutrients. Melrose Essential Nutrients-Balanced & Lean terdiri dari bit dan jeruk merah yang kaya akan flavonoid, MCT yang dapat mendukung ketosis serta serat yang berperan sebagai prebiotik alami untuk kesehatan saluran cerna. Campuran superfood ini dapat membantu dalam penurunan berat badan dan metabolisme lemak sehingga sangat cocok dikonsumsi saat melakukan diet penurunan berat badan dan olahraga.   Sedangan untuk Kamu yang sulit tidur dan ingin mendapatkan kulit yang lebih indah dan sehat, superfood drink dengan kandungan wheatgrass organik, campuran sayuran hijau, jamur shitake, passionflower dan MSM seperti pada Melrose Essential Nutrients-Beauty and Sleep bisa menjadi alternatif superfood Kamu.  Superfood drink ini, kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengembalikan vitalitas di malam hari dan mendukung kesehatan kulit.

Mulailah mengkonsumsi superfood sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harianmu. Namun, jangan lupa untuk selalu tetap memperhatikan komposisi makanan yang Kamu konsumsi yaa! Pastikan makanan sehari-hari Kamu bergizi seimbang agar tubuh dapat bekerja secara optimal, penuh energi dan sistem kekebalan tubuh terjaga.

References

Jung, Genge, K., Waldeck & Kupperr, 2019. Spirulina platensis, a super food?. Journal of Cellular Biotechnology, 5(2019), pp. 43-54.

Annapurna, A., 2011. Wheat Grass Health Benefits. Asian Journal of Pharmaceutical Research and Health Care, 3(3), p. 62.

Hancock, R., McDougall, G. & Stewart, D., 2007. Berry fruit as ‘superfood’: hope or hype?. Scottish Crop Research Institute, 54(2), pp. 73-79.

Karkos, P. D. et al., 2008. Spirulina in Clinical Practice: Evidence-Based Human Applications. Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, Volume 2011, pp. 1-4.

Migliozzi, M., Thavarajah, D., Thavarajah, P. & Smith, P., 2015. Lentil and Kale: Complementary Nutrient-Rich Whole Food Sources to Combat Micronutrient and Calorie Malnutrition. Nutrients, Volume 7, p. 9285–9298.

Noia, J., 2014. Defining powerhouse fruits and vegetables: A nutrient density approach. Prev. Chronic Dis, Volume 11, pp. 1-5.

Proestos, C., 2018. Superfoods: Recent Data on their Role in the Prevention of Diseases. Current Research in Nutrition and Food Science, 6(3), pp. 576-593.

Rana, S., Kamboj, . J. . K. & Gandhi, V., 2011. Living life the natural way – Wheatgrass and Health. Functional Foods in Health and Disease, 1(11), pp. 444-456.

Salvin, J. & Lloyd, B., 2012. Health Benefits of Fruits and Vegetables. American Society for Nutrition, 3(16), p. 506–516.

10 likes

Author

Defanda Tritya, S.Gz, RD )

Your email address will not be published.