Lifestyle / Organic Life

Tips Membuat Smoothies Sehat, Praktis dan Enak

July 21, 2020

Tags: , , ,

Seperti yang Kita ketahui bahwa tubuh Kita membutuhkan berbagai macam nutrisi agar dapat bekerja secara optimal. Oleh karena itu, Kita dianjurkan untuk selalu mengonsumsi beraneka ragam makanan disetiap kali waktu makan untuk memastikan piring makanan yang Kita konsumsi mengandung multinutrisi. Smoothies adalah salah satu cara paling mudah dan praktis untuk mendapatkan multinutrisi hanya dalam satu gelas saja. Hal ini karena smoothies biasanya terbuat dari campuran berbagai macam makanan, mulai dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian yang membuatnya tidak hanya memiliki rasa enak, namun juga memiliki berbagai macam nutrisi yang diperlukan tubuh.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua smoothies dapat memiliki nilai gizi dan tekstur yang baik. Hal ini karena kandungan nutrisi dan tekstur smoothies sangat tergantung dari cara pembuatannya dan bahan-bahan yang digunakannya. Smoothies yang dibuat dengan cara dan bahan-bahan yang tepat serta dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai dapat membantu Kita untuk memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, serat, cairan, protein dan lemak sehat yang diperlukan tubuh.  Berikut adalah tips dan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk membuat smoothies yang enak dan sehat.

  1. Tools Pembuatnya

Untuk membuat smoothies yang memiliki tekstur creamy sangat direkomendasikan untuk menggunakan blender jenis high speed blender atau food processor. Hal ini karena dalam pembuatan smoothies, hanya memerlukan sedikit air sehingga jika menggunakan blender biasa tidak akan bisa mendapatkan tekstur smoothies yang diharapkan dan sebagian nutrisinya akan hilang. Nutribullet merupakan nutrient extractor yang dapat mengekstrak makanan lebih cepat, tanpa ampas dan dapat mempertahankan kandungan nutrisi dalam makanan sehingga dapat menghasilkan smoothies yang creamy, enak dan bernutrisi.

  1. Base yang Digunakan

Selain dari toolsnya, untuk dapat menghasilkan smoothies yang creamy dan tidak encer, bahan dasar yang bisa Kamu gunakan adalah alpukat, pisang, frozen berries dan mangga. Setiap bahan dasar yang digunakan ini juga akan menghasilkan warna smoothies yang berbeda-beda. Jika Kamu ingin mendapatkan smoothies creamy dengan warna merah, kamu bisa menggunakan frozen berries dengan campuran buah naga sebagai basenya, kemudian untuk mendapatkan warna hijau, Kamu bisa menggunakan sayuran hijau dan alpukat dan jika ingin mendapatkan warna ungu, Kamu bisa menggunakan blueberry. Setiap warna dari buah dan sayuran yang Kamu gunakan mengandung antioksidan tertentu yang dapat meningkatkan kesehatan kulit dan tubuh (Tan, et al., 2015)secara keseluruhan.

  1. Komposisi Campurannya

Untuk membuat satu gelas smoothies yang mengandung multinutrisi, maka sangat penting untuk memperhatikan komposisi bahan yang Kamu gunakan. Komposisi bahan yang harus ada yaitu:

  • Sayuran

Sayuran merupakan sumber vitamin, mineral, serat dan fitonutrien yang memiliki banyak manfaat kesehatan dan dapat mendukung fungsi optimal tubuh. Kamu bisa menggunakan baby spinach atau kale sebagai sumber sayuran dalam smoothies karena sayuran jenis ini sangat kaya nutrisi dan memiliki rasa yang netral sehingga dapat menghasilkan smoothies yang tetap enak dan bernutrisi.

  • Lemak Sehat

Kebanyakan orang sering mengalami kekurangan lemak sehat. Padahal lemak sehat sangat diperlukan tubuh untuk memberikan energi, menyeimbangkan fungsi hormone dan membantu memberikan perasaan kenyang. Oleh karena itu sangat disarankan untuk menambahkan minyak MCT atau Virgin Coconut Oil sebagai sumber lemak sehat ke dalam campuran smoothies yang Kamu buat. Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang almond, kacang mete, biji bunga matahari, biji chia atau biji rami juga merupakan sumber lemak sehat dan omega-3 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan fungsi otak, kulit dan jantung.

  • Probiotik

Smoothies dengan tambahan probiotik akan lebih bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa menambahkan coconut yoghurt, dairy yoghurt atau kombucha kedalam smoothies sebagai sumber probiotik atau bakteri baik di dalam satu gelas smoothies mu.

  • Superfood

Superfood adalah makanan padat nutrisi yang dapat memberikan serat, antioksidan, vitamin dan mineral dengan cara yang praktis. Kamu bisa menambahkan superfood powder dari rangkaian Superfood Biotona Powder dan Superfood LYNQ kedalam satu gelas smoothies mu. Hal ini karena superfood tersebut berasal dari sayur dan buah-buahan natural dan organik yang dibuat dengan metode freeze drying sehingga nutrisi didalamnya tetap terjaga dan dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Kamu.

  • Cairan

Cairan tetap diperlukan dalam membuat smoothies untuk membantu Kamu tetap terhidrasi. Namun, untuk dapat menghasilkan smoothies yang memiliki tekstur yang lebih lembut dan bernutrisi, disarankan untuk menggunakan susu atau plant based milk dan coconut water sebagai campuran cairannya. Kamu juga bisa menambahkan ice cube untuk mendapatkan smoothies yang lebih segar.

Yuk mulai rajin konsumsi smoothies! Dengan konsumsi satu gelas smoothies saja setiap hari dengan menggunakan Nutribullet, Kamu bisa mendapatkan multinutrisi dengan mudah dan cepat yang dapat membuat Kamu berenergi, kuat dan tetap sehat.   

References

Aderinola, T. A., 2018. Nutritional, Antioxidant and Quality Acceptability of Smoothies Supplemented with Moringa oleifera Leaves. Beverages, 4(104), pp. 1-9.

Bates, D. &. P. J., 2015. Impact of fruit smoothies on adolescent fruit consumption at school. Health Education & Behavior, 42(4), pp. 487-492.

Martin, J. et al., 2017. Does Diet Quality Vary Between Urban and Rural Dwelling Women of Reproductive Age?. Journal of Nutrition & Intermediary Metabolism, pp. 60-121.

Stoker, D., 2018. Smoothies—Helpful or Harmful?, United State: Extention Utah State University.

Tan, K. W., Graf, B., Mitra, S. & Stephen, I., 2015. Daily Consumption of a Fruit and Vegetable Smoothie Alters Facial Skin Color. Plos One, 10(1371), pp. 1-14.

8 likes

Author

Defanda Tritya, S.Gz, RD )

Your email address will not be published.